Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Android Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa

Zuni Ratnawati, Himmatul Ulya, Ratri Rahayu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi dan self efficacy yang dilihat dari hasil tes studi pendahuluan dan angket peserta didik, kemampuan komunikasi dengan presentase menghubungkan benda nyata ke dalam matematika 11,6%, menjelaskan ide secara lisan/tulisan 5,7%, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bentuk bahasa/simbol 16,1%, mendengarkan, diskusi, dan menulis 4,7%, membaca presentasi matematika 7%, merumuskan definisi dan generalisasi 8,7%, menjelaskan dan membuat pertanyaan 4,1%. Hasil angket self efficacy peserta didik kelas XI TB 1 55,2% dan kelas XI TB 2 58,2%. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL) berbantuan aplikasi android daripada rata-rata siswa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. (2) menguji rata-rata kemampuan komunikasi yang diajar dengan model DL berbantuan aplikasi android mencapai ketuntasan belajar. (3) menguji pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi dengan menggunakan model DL berbantuan aplikasi android. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk penelitian Quasi Experimental. Rancangan penelitiannya Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t-test, uji one sample t-test, uji Z, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan komunikasi yang diajarkan dengan model DL lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model DL berbantuan aplikasi android lebih baik dari 75%. 3) self efficacy berpengaruh secara positif sebesar 10,4% terhadap kemampuan komunikasi yang diajarkan dengan model DL berbantuan aplikasi android. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran DL berbantuan aplikasi android terbukti berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa.

Abstract

This research is motivated by low communication skills and self efficacy as seen from the results of preliminary study tests and student questionnaires, communication skills with a percentage of connecting real objects into mathematics 11.6%, explaining ideas orally/written 5.7%, stating daily events in the form of language/symbols 16.1%, listening, discussion, and writing 4.7%, reading math presentations 7%, formulating definitions and generalizations 8.7%, explaining and asking questions 4.1%. The results of self efficacy questionnaires for students in class XI TB 1 are 55.2% and class XI TB 2 are 58.2%. The objectives of this study are: (1) to examine the difference in average class communication skills taught by the Discovery Learning (DL) learning model assisted by android applications than the average class student taught by direct learning. (2) testing the average communication skills taught with the DL model assisted by the android application to achieve complete learning. (3) examine the effect of self efficacy on communication skills using the DL model assisted by the android application. This study uses quantitative research with experimental methods, the form of research is Quasi Experimental. The research design is Noneequivalent Posttest-Only Control Group Design. The data collection technique used purposive sampling. Based on the results of the study, 1) the average communication skills taught by the DL model are better than the average communication skills taught by the direct learning model. 2) the proportion of students who complete the KKM after participating in mathematics learning with the DL model assisted by an android application is better than 75%. 3) self-efficacy has a positive effect of 10.4% on the communication skills taught with the DL model assisted by the android application. The conclusion of this study is that the DL learning model assisted by the android application is proven to have an effect on students' communication skills and self efficacy.


Keywords


Aplikasi Matematika Peluang, Model Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Ammy, C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Smp Muhammadiyah 1 Medan. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/296

Arcat, A., & Fitriani, P. (2018). Kemampuan Komunkasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning Kelas VIII MTs Bahrul Ulum Tahun 2018. Jurnal IImiah Edu Research, 7(1), 54–58.

Arifin, N. (2020). Upaya Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran. 3(3), 255–266.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952

Dedeng. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 9–20.

Deswita, R., Kusumah, Y. A., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220

Etia, Gunowibowo, P., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education, 1(2), 101–110.

Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & M.coesamin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 705–716.

Firdaus, A. M. H., Darmiany, & Rosyidah, A. N. K. (2021). Hubungan Self Efficacy Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SDN Gugus Iv Kuripan Tahun Ajaran 2020/2021. 6(4), 744–749.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Role of Self-Efficacy Toward Students’ Achievement in Mathematical Multiple Representation Ability (MMRA). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v6i1.174

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. M. (2018). Pengembangan Jimath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 274–288.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry Through Discovery Learning Using A Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70.

Johar, R., Junita, E., & Saminan. (2018). Students’ Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy Using Team Quiz Learning Model. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 2(2), 203–214. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i2.8702

Karnegi, D., & Iswahyudi. (2019). Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Imformasi Era Revolusi Industri 4.0 Di Sma Negeri 5 Prabumulih. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 138–147. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/index

Komala, L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Lampung.

Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Imiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59–64.

Maryani, N. (2012). Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Strategi SQ3R : Studi Eksperimen di Salah Satu SMA Negeri di Kabupaten Garut. Tesis S2 PPS Universitas Pendidikan Indonesia, 67(6), 14–21. https://www.rfc-editor.org/rfc/rfc8309.txt%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en&SID=5BQIj3a2MLaWUV4OizE%0Ahttp:

Maulani, F. I., Amalia, R., & Zanthy, L. S. (2020). Kontribusi Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Maju, 7(1), 45–49. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/419/367

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.

Nufus, A. (2021). Penerapan model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 1168–1178.

Nufus, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Alat Peraga Papan Sisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 6(1), 29–35.

Permata, C. P., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Model Pembelajaran TSTS Dengan Pendekatan Scientific. 4(2), 128–133.

Pratama, Y. A., & William, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 94. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1474

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Discovery. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(Dl), 241–252.

Qohar, A., & Sumarmo, U. (2013). Improving mathematical communication ability and self regulation learning of yunior high students by using reciprocal teaching. Journal on Mathematics Education, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.562.59-74

Ramadhani, R., & Harahap, J. Y. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi SPSS. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 27–40. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2382

Rambe, K. N., & Surya, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS N Lohsari. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1–15. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.1173

Setiaji, F., Suherman, & Kuswanto, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Learning Start With a Question. Jurnal Matematika, 2(1), 33–42.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Sudin, A., Gina, R., & Atep, S. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Taufiq, M., Fatimah, & Zahara, N. (2020). Analisis Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X IPA 3 SMA N 2 Peusangan Melalui Model Discovery Learning pada Materi Vektor. Jurnal Pendidikan Almuslim, VIII(1), 11–14.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Windiyani, T., Novita, L., & Sakinah, A. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 148–163. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7441

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: