Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Diskalkulia Menggunakan Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Berbantuan Modul Digital Interaktif

Fany Fadilla, Jayanti Putri Purwaningrum, Savitri Wanabuliandari

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa disklakulia sebelum dan sesudah penggunaan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) menggunakan modul digital interaktif pada siswa kelas V; (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis siswa diskalkulia menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition )AIR) dengan bantuan modul digital interaktif pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental metode. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengumpulan data berdasarkan karakteristik atau kriteria tertentu dari sampel yang diperoleh dari hasil uji WISC. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Auditory Intellectual Repetition (AIR) dan modul digital interaktif, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes WISC, pretest, dan posttest. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data awal dan analisis data yang meliputi uji normalitas. Analisis data akhir yang digunakan meliputi: uji t sampel berpasangan dan uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa diskalkulia sebelum dan sesudah menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan bantuan modul digital interaktif pada siswa kelas V; (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa diskalkulia dengan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan bantuan modul digital interaktif pada siswa kelas V sebesar 0,63. 

Abstract

This research is motivated by the low ability of students' mathematical understanding. The aims of this study were (1) to determine the differences in the mathematical understanding of dyscalculia students before and after using the AIR model with the help of an interactive digital module; (2) To find out the increase in the mathematical understanding ability of dyscalculia students by using the AIR model with the help of an interactive digital module. This type of research uses quantitative research with a pre-experimental design method. The collection is done by using purposive sampling technique, namely data collection based on certain characteristics or criteria of the sample obtained from the WISC test results. The independent variables in this study were the AIR model and the Interactive Digital Module, while the dependent variable was the Students' Mathematical Comprehension Ability. The data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and tests of students' mathematical understanding abilities. The data analysis used includes the initial data analysis and data analysis which includes the normality test. The final data analysis used included: paired sample t test and n-gain test. Based on the results of the study, (1) there are differences in the mathematical understanding ability of dyscalculia students before and after using the AIR model with the help of an interactive digital module for fifth grade students; (2) There was an increase in the mathematical understanding ability of the AIR model of dyscalculia students with the help of an interactive digital module, the effect was 0.63.



Keywords


pemahaman matematis;diskalkulia;AIR;modul digital interaktif

Full Text:

PDF

References


Aldeliana, Ela. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Challenging Task Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Tempilang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Alqadri, S. N. Z., Iriani, R., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(3), 108-115.

Asih, N. P. A. G., & Ganing, N. N. (2020). Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(3), 411-421.

Fauzy, Alwan, dan Nurfauziah, Puji. 2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cedekia, 5 (1), 551-561.

Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito, S. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1-9

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands on Activities. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 8-13.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3 451.

Muzayyana, R., Coesamin, M., & Djalil, A. (2018). Efektivitas pembelajaran auditory, intellectually, repetition ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(1), 76-88.

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219-232.

Novia, Ira Sari. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pobia (Pop Up Book Matematika) Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 32 Bulukumba.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 305-315.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288-297.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp di bandung barat. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Putri, D. A., Istihana, I., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan Modul Desain Didaktis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 64-74.

Rahayuningsih, Sri. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (AIR)”. Jurnal of Education Innovation. 3 (2), Hal. 67-83.

Reafani, S. L., Fatmawati, F., & Irdamurni, I. (2018). Media Puzzel Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 13-18.

Sadiman. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2020). Media Gambar Terhadap Diskalkulia Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 219-234.

Sumarmo, U. 2003b. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Wanabuliandari, Savitri. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization dengan Macromedia Authorware Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 3 Kudus. Refleksi Edukatika, 5 (2), 1-12.

Wanabuliandari, S & Purwaningrum, J. P. (2018). Pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal gusjigang kudus pada siswa slow learner. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 63-70.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, D., & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: