Pengaruh Model Experiental Learning Berbantuan Emodul Ethnoedutainment Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis

Raveena Yasmine Faherma, Himmatul Ulya, Henry Suryo Bintoro

Abstract


Abstrak 

Kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA 2 Bae Kudus masih rendah. Kemampuan penalaran  matematis dalam matematika digunakan untuk menstimulasi masalah konteks abstrak menjadi konkret. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran experiental learning karena sintaks yang digunakan cocok dengan pengembangan kemampuan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk pengaruh pembelajaran model experiental learning berbantuan emodul ethnoedutainment terhadap kemampuan penalaran matematis. Desain penelitian kuantitatif ini dengan non-equivalent pretest-posttest design. Kelas XI IPS 1 ditentukan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui tes. Tes penalaran matematis yang diberikan kepada siswa adalah pretest posttest berbentuk uraian yang hasilnya dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model experiental berbantuan emodul ethnoedutainment efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI pada materi integral. Penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model experiental learning berbantuan emodul ethnoedutainment masih perlu dilakukan, sehingga penerapannya dapat sesuai dengan perkembangan zaman.

Abstract

The ability of mathematical reasoning of class XI students of SMA 2 Bae Kudus is still low. Mathematical reasoning ability in mathematics is used to stimulate abstract context problems into concrete. In this study, the experiential learning model is used because the syntax used is suitable for the development of mathematical reasoning abilities. The purpose of this research is to examine the effect of experiential learning model assisted by ethnoedutainment modules on mathematical reasoning abilities. This quantitative research design is a non-equivalent pretest-posttest design. Class XI IPS 1 was determined as the experimental class and class XI IPS 3 as the control class. The data collected consisted of tests, questionnaires and documentation. The mathematical reasoning test given to students is a pretest posttest in the form of a description whose results are analyzed using quantitative data analysis. The results showed that the experiential learning model assisted by the ethnoedutainment module was effective in improving the mathematical reasoning ability of class XI students on integrals. Further research on the application of experiential learning models assisted by ethnoedutainment modules still needs to be done, so that its application can be in accordance with the times.


Keywords


experiental learning;emodul etnoedutainment;kemampuan penaralan matematis

Full Text:

PDF

References


Aswat, dkk. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 2 . p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

Baharuddin, dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 165

Buchori, A. et all. (2018). The Development of Experiental Learning Model To increase the Capacity of Teaching of Universiti Teknologi Malaysia in Semarang Indonesian Schools. International Journal of Engineering & Technology, 7 (3.30), 523-528

Fisher, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Blended- Learning Dengan Strategi Probing-Prompting. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 78– 86.

Lestari, P. (2018). Pengaruh Kecerdasan Numerik Terhadap Keterampilan Berhitung dan Hasil Belajar. IAIN Tulungagung.

OECD. (2015). Pisa 2015 Result. www.oecd.org/pisa . Diakses 11 Maret 2022.

OECD. (2018). Pisa 2018 Result. www.oecd.org/pisa . Diakses 11 Maret 2022.

Mirlanda E.P, dkk. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11-21.

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan antara Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 29–42.

Puspita, A. M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1880–1883.

Sarjoko, D. &. (2018). Effects of Handep Cooperative Learning Based on Indigenous Knowledge on Mathematical Problem Solving Skill. International Journal of Instruction, 11/2, 103-114.

Shadiq, F. (2013). Penalaran dengan Analogi? Pengertiannya dan Mengapa Penting. Retrieved from http://p4tkmatematika.org/file/ARTIKEL/ArtikelMatematika/Penalaran

Siregar, Nur Choiro, dan Marsigit Marsigit. 2015. “Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2 (2): 224– 34.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta pembelajarannya. Jakarta: UPI.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.

Suryadi. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: