Implementasi Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Android Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii

Aril Erlangga, Henry Suryo Bintoro, Sumaji Sumaji

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mmengetahui implementasi penggunaan model discovery learning berbantuan Aplikasi Android dengan dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep yang dilihat dari hasil tes studi pendahuluan,dimana ada 33 siswa yang tuntas tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa cuman ada 3 siswa sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model discovery learning berbantuan aplikasi android lebih baik daripada rata-rata siswa dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk penelitian Quasi Eksperimental. Rancangan penelitiannya Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan Random Sampling. Tempat penelitian di SMP 2 Jati Kudus dengan populasi kelas VIII dan sampelnya Kelas VIII D untuk kelas eksperimen. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji indepent sample T-test.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model discovery learning berbantuan aplikasi android lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Uji prasyarat didapat bahwa dengan uji normalitas didapat data tersebut berdistribusi normal dan uji homogenitas mendapat data tersebut bervarians homogen. Dari Uji independent sample T-test didapat hasil bahwa P-Value = 0,006, sehingga nilai P-Value kurang dari  yaitu 0,025. Sehingga hasil  ditolak dan  diterima.

Abstract

This research was conducter to determine the implementation of the use of discovery learning models assisted by Android applications against the backgroud of the low ability to understand concepts seen from the results of the prelimiary study test, where there were 33 students so that students’ conceptual understanding abilities still low. The purpose of this study is to test the average ability to understand mathematicaal concepts of students with discovery learning model assisted by android applications which are better than the average students with direct learning models. This study uses quantitative research with ecperimental methods, a form of Quasi Experimental research. The research design is Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Data collection technique using Random Sampling. The research site is SMP 2 Jati Kudus with a population of class VIII and the sample is Class VIII D for the experimental class. Research data analysis technique used the independent sample T-test . The prerequisite test was found that the normality test obtained that the data was normally distributed and the homogeneity test found that the data had homogeneous variance. Form the Independent sample T-test, it was found that the P-Value = 0,006, so the P-value value was less  than 0,025. Sp the results are  rejected and   accepted.


Keywords


Model discovery learning;StaMath Apps;Kemampuan Pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2018) ‘Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/13851.

Anggraeni, A., Bintoro, H. S. and Purwaningrum, J. P. (2020) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iv Sd’, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). doi: 10.24176/jpp.v3i1.4646.

Arifah, U. and Saefudin, A. A. (2017) ‘Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery’, Union: Jurnal Pendidikan Matematik. core.ac.uk. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/230370964.pdf.

Ariyanto, L., Aditya, D. and ... (2019) ‘Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII’, … Pendidikan Matematika. Available at: http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/355.

Ariyanto, L., Aditya, D. and Dwijayanti, I. (2019) ‘Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII’, Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), p. 40. doi: 10.32939/ejrpm.v2i1.355.

Fitriyah, A. M. and Warti, R. (2017) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi’, Jurnal pelangi. Available at: http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi/article/view/1898.

Harisuddin, M. I. (2020) ‘Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 1 Pagaden’, e-Jurnal Mitra Pendidikan. Available at: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/673.

Haryanti, F. and Saputro, B. A. (2016) ‘… Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan FlipBook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga’, … Matematika. Available at: http://www.kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/16.

Hutagalung, R. (2017) ‘Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka’, MES: Journal of Mathematics Education and …. Available at: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/133.

Indriasih, A. et al. (2020) ‘Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini’, Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), pp. 154–162. doi: 10.24176/re.v10i2.4228.

Irawati, I. D., Wanabuliandari, S. and Sumaji, S. (2022) ‘Pengembangan Aplikasi Kreasi Berbasis Local Wisdom Untuk Siswa Kelas Vii’, JIPMat, 7. Available at: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/11719.

Lestari, A. I., Senjaya, A. J. and Ismunandar, D. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar’, Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), pp. 1–9. doi: 10.30605/pedagogy.v4i2.1437.

Mawaddah, S. and Maryanti, R. (2016) ‘Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning)’, Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika. Available at: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/0.

Moreno, L. (2018) ‘Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), pp. 1401–1428.

Albab, Royyana U, Wanabuliandari S dan Sumaji. (2021) "Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa”. AKSIOMA :Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(3), 1767-1775.

Rohmah, F. N. and Bukhori, I. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3’, Ecoducation: Economic and Education …. scholar.archive.org. Available at: https://scholar.archive.org/work/xau23gq555ajfjm44u3icljz24/access/wayback/http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation/article/download/892/523.

Safitri, T., Bintoro, H. S. and Sucipto, S. (2018) ‘Penerapan Model Jigsaw Berbantu Permaianan Ultra 3D untuk Peningkatkan Pemahaman Matematis’, ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 110–121. doi: 10.24176/anargya.v1i2.2714.

Saraswati, E. and Novallyan, D. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri’, IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), p. 72. doi: 10.30631/ijer.v2i2.37.

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A. and Balkist, P. S. (2022) ‘Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK’, 06(01), pp. 35–47.

Setiawan, W., Bharata, H. and Caswita (2017) ‘Pengaruh Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa’, Pendidikan Matematika, 5(9), pp. 1027–1039. Available at: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14521/pdf.

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P. and ... (2018) ‘Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning’, … Nasional Matematika. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20373.

Suherman, S. and Diana, N. (2019) ‘Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Tari Bambu Dipadukan Dengan Crh’, Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), pp. 31–42. doi: 10.23971/eds.v7i2.1407.

Surur, M. and Oktavia, S. T. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika’, Jurnal Pendidikan Edutama. pdfs.semanticscholar.org. Available at: https://pdfs.semanticscholar.org/f5c7/e0d7938c159744c749175c9238e9d952b89b.pdf.

Syafti, O. (2020) ‘Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 12 Pesisir Selatan’, Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah. core.ac.uk. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/322562036.pdf.

Syamsuddin, S. et al. (2021) ‘Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui’, 1(1), pp. 32–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: