Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Video Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Maimunatul Fadhilah, Himmatul Ulya, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Abstrak

Proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran langsung dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan kurang aktifnya siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa yang tuntas hanya sebesar 13%. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji efektivitas pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 3 Bae tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh  dari hasil pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji N-Gain, dan uji proporsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika sebesar 0.73, serta proporsi siswa yang tuntas mencapai 83% banyaknya siswa yang mengikuti pembelajaran RME berbantuan video pembelajaran bernuansa etnomatematika. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran RME efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Abstract

The process of learning mathematics that uses a direct learning model can cause students' low understanding of mathematical concepts and students' lack of active learning. This is evidenced by the results of a preliminary study which shows that only 13% of students complete. The purpose of this study is to examine the effectiveness of RME learning assisted by ethnomathematical learning videos on the ability to understand students' mathematical concepts. The population of this research is all eighth grade students of SMP 3 Bae for the academic year 2021/2022. The samples of this study were students of class VIII F and VIII G who were selected by purposive sampling technique. Research data obtained from the results of the pretest and posttest. The data analysis of this research used normality test, homogeneity test, independent sample t-test, N-Gain test, and proportion test. The results of this study indicate that the average understanding of mathematical concepts of students who participate in RME learning assisted by ethnomathematical learning videos is higher than the understanding of mathematical concepts of students who participate in direct learning, the average increase in understanding of mathematical concepts of students who participate in RME learning assisted by ethnomathematical learning videos. amounted to 0.73, and the proportion of students who completed reached 83% of the number of students who participated in RME learning assisted by ethnomathematical learning videos. Based on the results and discussion, it was concluded that RME learning was effective in understanding students' mathematical concepts.


Keywords


konsep matematis;realistic mathematics education;video pembelajaran;etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Depdiknas (2007) Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Fitri, R. et al. (2022) ‘Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika the Effectiveness of the Problem Based Learning Model Assisted With Video Learning on Improving Understanding of Math Concept’, 5.

Gusmania, Y. and Wulandari, T. (2018) ‘Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa’, Pythagoras, 7(1), pp. 61–67. doi: 10.33373/PYTHAGORAS.V7I1.1196.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A. and Alamsyah, T. P. (2020) ‘Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), p. 106. doi: 10.23887/jisd.v4i1.21103.

Jehadus, E. (2018) ‘Model Quantum Untuk Mengatasi Kecemasan’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), pp. 137–142.

Jeheman, A. A., Gunur, B. and Jelatu, S. (2019) ‘Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), pp. 191–202. doi: 10.31980/mosharafa.v8i2.454.

Kemendikbud (2013) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, K. E. and Yudhanegara, M. R. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nafilah, H., Utami, R. and Nasution, N. B. (2021) ‘PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI’, pp. 247–254.

Nurdin, E. et al. (2019) ‘Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 87–98. doi: 10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Rohaeti, E. E., Hendriana, H. and Sumarno, U. (2019) Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rudhito, M. A. (2019) Matematika dalam Budaya, Kumpulan Kajian Etnometematika. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sanjaya, W. (2015) Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Siswadi, S. and Saminah, S. (2020) ‘Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Materi Bilangan Kelas …’, Journal of …, 2(2), pp. 129–133. Available at: https://www.ejournal.poltek-amimedan.ac.id/index.php/jme/article/view/26.

Siswono, T. Y. E. (2018) Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, R. (2020) Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Wena, M. (2009) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: