Efektivitas Model Accelerated-Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Bangun Ruang (Abaru) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa

Dina Rangga Anggraeni, Henry Suryo Bintoro, Ratri Rahayu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas model Accelerated-Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Bangun Ruang (Abaru) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis yang dilihat dari hasil tes studi pendahuluan dan angket siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diajarkan dengan model A-PBL berbantuan Abaru lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. (2) menguji kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mencapai KKM. (3) menguji pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk penelitian Quasi Experimental. Rancangan penelitiannya Nonequivalent Pretest-Posttest Control Grup Desaign. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dan angket, dan pemilihan sampel menggunakan random sampling.  Analisis data yang digunakan antara lain analisis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir yang meliputi uji t dua sampel independen, uji t satu sampel, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diajarkan dengan model A-PBL berbantuan Abaru lebih baik daripada rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. 2) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai KKM. 3) terdapat pengaruh disposisi matematis siswa sebesar 72,6% terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran A-PBL berbantuan Abaru terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa.

Abstract

This study is to test the effectiveness of the Accelerated-Problem Based Learning model assisted by the Spatial Building Application (Abaru) to improve the problem solving ability and mathematical disposition of students against the background of low problem solving abilities and mathematical dispositions seen from the results of preliminary study tests and student questionnaires. The aims of this study are: (1) to test the average problem-solving ability of the class taught by the A-PBL model assisted by Abaru is better than the average class taught by the direct learning model. (2) test students' problem solving abilities in achieving KKM. (3) examine the effect of students' mathematical disposition on problem solving abilities. This study uses quantitative experimental methods, the form of research is Quasi Experimental. The research design is Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Data collection techniques include tests, and questionnaires, and sample selection using random sampling. The data analysis used included data analysis which included normality test, homogeneity test, and average similarity test, as well as final data analysis which included two independent sample t-test, one-sample t-test, and regression test. Based on the results of the study, 1) the average problem-solving ability of the class taught with the A-PBL model assisted by Abaru was more effective than the average class taught with the direct learning model. 2) students' problem solving abilities reach the KKM. 3) there is an effect of 72.6% of students' mathematical disposition on problem solving abilities. The conclusion of this research is Abaru-assisted A-PBL learning model is proven to be effective in improving students' problem solving ability and mathematical disposition.


Keywords


Aplikasi Bangun Ruang (Abaru);Disposisi Matematis;Kemampuan Pemecahan Masalah;Model Accelerated-Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Albab, R.U., Savitri Wanabuliandari, dan Sumaji. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 10, No. 3, 2021, 1767-1775.

Amanda, I.R., & Redo Martila Ruli. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Topik Data dan Peluang. Edumatsains,6(2). 389-406.

Amelia. (2010). Mathematical problem solving and mathematical connections abilities of students with accelerated learning cycle. International Conference on Mathematics and Science Education, 3. https://doi.org/10.1787/9789264091450-en.

Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. (2018). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara PMR Dan PBM Pada Materi Geometri SMP Kelas VII. Fibonacci, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.47-60.

Anggraini, W., Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunawibowo. (2015). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Vol 3, No 4.

Arends, R. (1997). Classroom Instructional and Management. New York: McGraw Hill Comapanies.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.

Asmara, A.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa SMK Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, Hal 12-22.

Atallah, F., Bryant, S.L., Dada, R. (2006). A Research Framework for Studying Conceptions and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in Higher Education Journal. pp. 1-8.

Atteh, E., Emmanuel Appoh Andam, and William Obeng Denteh. Problem Solving Framework for Mathematics Discipline. Asian Research Journal of Mathematics 4(4): 1-11, 2017; Article no.ARJOM.32586 ISSN: 2456-477X.

Bridges, E., & Hallinger, P. (1992). Problem-based Learning for Administrators. Eugene, OR: ERIC Clearinghouse on Educational Management.

Hadi, S., Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Harja, S.I., Henry Suryo Bintoro, Himmatul Ulya. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model TGT Berbantuan Media Laci Kartu Soal. Limacon: Journal of Mathematics Education. Volume 1 No 2. pp. 92 – 100.

Kahan, J.A., Wyberg TR. Mathematics as sense making. In H.L. Schoen & R. I. Charles (Eds.), teaching mathematics through problem solving grades 6-12. US: NCTM; 2003.

Katz, L. G. (1993). Dispositions as educational goals. Diambil pada tanggal 24/01/2018 dari http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.

Kemendikbud.(2016). Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: kemendikbud.

Kurniawan, A., Gida Kadarisma. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3, No.2.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Meisura, Anisah, Risnawati, dan Zubaidah Amir MZ. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemamdirian Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 2, No 1. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya.

Monica, Putri Tasya, M. Afrilianto, Euis Eti Rohaeti. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Peluang dengan Pendekatan Kontekstual. Volume 1, No. 3.

Mujasam, dkk. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula. Vol. 3, No. 1.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Netherlands: IEA.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. (Online). (http://www.nctm.org/focalpoints, diakses tanggal 17 Agustus 2021).

National Council of Teachers of Mathematics. (2003). NCTM Program Standards. Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers. [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/.

Oktaviani, M., Wardani Rahayu, Anan Sutisna. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Bentuk Tes Dan Disposisi Matematis. JPPM. VOL. 12 NO. 2.

Polya, G. (1985). How to Solve it. USA :Princeton University Press.

Putra, A.K., Budiyono, Isnandar Slamet. Mathematical Disposition of Junior High School Students Viewed from Learning Styles. The 4th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (4th ICRIEMS). AIP Conference Proceedings 1868, 050025 (2017); https://doi.org/10.1063/1.4995152.

Putra, H.D., dkk. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. IPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(2), 2018, 82-90.

Putra, Stitava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogyakarta: Diva Press

Putri, U.A., Wahyudi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 8(1), 69-78.

Rahayu, R., Himmatul Ulya, Kartono, Isnarto. (2019). Asesmen Kolaboratif pada Pembelajaran Etnomatematika untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Matematis dan Disposisi. Banyumas: CV. Pena Persada.

Rahayu, R., Kartono. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 3 Issue 10. www.ijsr.net.

Rahayu, R., Kartono, Dwijanto, Arief Agoestanto. (2021). Pengembangan Disposisi Matematis melalui Konstruksi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana: 62-69.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Fibonacci, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1723.

Rustandi, A.A., & Nurul Hikma. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021. Open Journal Systems, Vol.15, No.2. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto. (2013). Strategi Quantum Learning Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Disposisi Dan Penalaran Matematis Siswa. Journal of primary educational. 2, (2), 91-98.

Sumarmo, K. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik. Bandung: FP MIPA UPL.

Tarmizi, R.A., Mohd Ariff Ahmad Tarmizi, Mohd Zin Mokhtar. (2010). Problem-based learning: engaging students in acquisition of mathematical competency. Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 4683–4688.

Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia.

Wahyudi dan Anugraheni I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Ward, J.D. (2002). A Review of Problem-Based Learning. Journal of Family and Consumer Sciences Education (JFCSE), 20(1). 20-23.

Wizriyanti, V.W. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan Accelerated Learning Cycle (Alc) Pada Siswa Smp Muhammadiyah 03 Medan T.P 2019 / 2020. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yerizon, Putri Wahyuni, Ahmad Fauzan. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender Dan Level Sekolah. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 10, No. 1, 105-116.

Zaozah, E.S., M. Maulana, Dadan Djuanda. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: