Pengaruh Self Efficacy Dan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Habibatul Islamiyah, Leny Hartati, Idha Isnaningrum

Abstract


Abstrak 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self efficacy dan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Self efficacy merupakan keyakinan diri atau kepercayaan diri siswa dalam dirinya sendiri, sedangkan metakognisi merupakan proses berpikir tentang cara berpikir dirinya sendiri terhadap pengendalian aktivitas kognitifnya. Sehingga dalam pembelajaran matematika siswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasi regresi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT AL FADL. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen sebelumnya divalidasi terlebih dahulu. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif dan uji persyaratan data yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapat persamaan Y =  dengan   ˃   (5965,27 > 3,13) maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh self efficacy (X1) dan metakognisi (X2) secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (Y). Kesimpulan dari penelitian ini antara lain adalah: 1) Terdapat Pengaruh Self Efficacy dan Metakognisi secara bersama-sama 2) Terdapat pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Abstract

The purpose of this study was to determine how much influence self-efficacy and metacognition had on students' mathematical problem-solving abilities. Self-efficacy is the self-confidence or self-confidence of students in themselves, while metacognition is the process of thinking about their own way of thinking about controlling their cognitive activities. So that in learning mathematics, students who have high self-confidence and can know their own strengths and weaknesses are expected to be able to solve problems well. This type of research uses a quantitative approach. The method used in this research is survey method with regression correlation technique. The subjects of this study were seventh grade students of SMP IT AL FADL. While the sample in this study were 75 students, using random sampling technique. The previous instrument was validated first. Researchers used descriptive data analysis techniques and data requirements test which included normality test, linearity test, multicollinearity test and hypothesis testing. The results of the study obtained the equation Y =  with   ˃   (5965,27 > 3,13) then H0 is rejected so that there is an effect of self efficacy (X1) and metacognition (X2) together on mathematical problem solving ability (Y). The conclusions of this study include: 1) There is a simultaneous effect of Self Efficacy and Metacognition on Mathematical Problem Solving Ability. 2) There is an influence of Self Efficacy on Mathematical Problem Solving Ability. 3) There is an Influence of Metacognition on Mathematical Problem Solving Ability.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematika;self efficacy;metakognisi

Full Text:

PDF

References


Alifia, N. N., & Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian kemampuan self efficacy matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 44–54. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.17

Bagus, M., Rachmani, N., & Nino, D. (2022). Kajian Teori : Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK. 5, 507–511.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf

Fadhila, N. N., Hakim, L. El, & Santi, V. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 3 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12123

Fadiana, M., & Andriani, A. (2021). Metakognisi Siswa Operasional Konkret Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6067

Fatwa Thursina, A., & Sutriyono, S. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Pada Materi Bangun Datar Segiempat Bagi Siswa Smp. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 96. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.297

Hidayanti, R., Nurdin, & Fajar. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari kesadaran metakognisi. Issues in Mathematics Education, 3(2), 128–139. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/imed11049

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. https://doi.org/10.31949/th.v1i2.375

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Linda, Y. M., & Jusra, H. (2021). Profil Pendidikan Inklusif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Slow Learner. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6365

Mahayukti, G. A., Dewi, P. K., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Diri terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 88–95.

Saniyah, W., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6457

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun 4uang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Supardi. (2018). Aplikasi Statistika dalam Penelitian (Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif). Jakarta: Change Publication.

Wahyuddin. (2016). Pengaruh metakognisi, motivasi belajar, dan kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. 4(1), 72–83.

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model learning cycle 5e untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 518. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p518-524


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: