Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran React Berbantuan Matlab

Azizah Hayati Ritonga, Eka Nur Benny

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-Bin Baaz SMP An-Nizam Medan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa dengan menerapkan pembelajaran REACT berbantuan matlab pada materi pokok kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan cara tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes kemampuan koneksi yang berbentuk tes uraian.  Sedangkan instrumen nontes berupa observasi proses/kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes tertulis untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa di setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif melalui penyajian data dalam table, menghitung skor kemampuan koneksi matematis darisetiap indicator dan secara klasikalnya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan koneksi matematis untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran REACT berbantuan matlab. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran REACT berbantuan matlab, terlihat dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis minimal pada kriteria baik sebesar 8% pada tes awal dengan nilai rata-rata kelas 42,67, meningkat menjadi 44% pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,22, dan meningkat menjadi 88% pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,11. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran REACT berbantuan matlab dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-Bin Baaz SMP An-Nizam Medan tahun ajaran 2019/2020.

Abstract

This study aims to improve the mathematical connection ability of the class VIII-Bin Baaz SMP An-Nizam Medan in the academic year 2019/2020, totaling 25 students by applying MATLABassisted REACT learning on the subject matter of cubes and blocks. This type of research is classroom action research (Classroom Action Research). The research instrument used is by means of tests and non-tests. The test instrument is in the form of a connection ability test in the form of a description test. While the non-test instrument is in the form of process/activity observation during the learning process. Data collection methods in this study were observation sheets and written tests to measure students' mathematical connection skills at the end of each cycle. The data were analyzed descriptively through the presentation of the data in the table, calculating the score of the mathematical connection ability of each indicator and classically. This study consisted of two cycles, where at the end of each cycle a mathematical connection ability test was given to determine the students' mathematical connection ability to learning by applying MATLAB-assisted REACT learning. Based on the results of data analysis carried out, there was an increase in students' mathematical connection skills obtained after applying MATLAB-assisted REACT learning, it can be seen from the number of students who have a minimum mathematical connection ability on good criteria by 8% in the initial test with an average grade of 42.67, increasing to 44% in the first cycle with an average value of 62.22, and increasing to 88% in the second cycle with an average value of 83.11. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of MATLAB-assisted REACT learning can improve students' mathematical connection skills on cube and block material in class VIII-Bin Baaz SMP An-Nizam Medan in the academic year 2019/2020.


Keywords


Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering);Kemampuan Koneksi Matematis;Matlab

Full Text:

PDF

References


Asiyah, S. N., Suyitno, A., dan Safa’atullah, M. F. (2017). Mathematical Connection in Therms of Student Learning Styles of the Tenth Grade on React Model Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 6 No. 2.

Crawford, M.L. (2007). Teaching Contextual Research Rationale and Techniques for Improving Students Motivation and Archievmentin Mathematics and Science Waco. Texas, USA: CORD CCI. PublishingIc.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media.

Defitriani, Eni. 2018. Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Jurnal Anargya. Vol 1 (2).

Hafid, Muhammad. Wahidin. 2021. Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Jurnal Anargya. Vol 5 (1).

Handayani, N. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT DenganPendekatan RME Untuk MeningkatkanKemampuan Koneksi Matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Handayanto, T.R. (2012). Penerapan Soft Computing dengan MATLAB. Bandung: Rekayasa Sains.

Hartanto, Thomas Wahyu Dewi. (2009). Analisis dan Desain Sistem Kontrol dengan Matlab. Yogyakarta: Andi.

Jelatu, Silfanus, Sariyasa, dan I made Ardana. (2018). Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding ofGeometry Concepts. International Journal of Instruction,Vol.11, No.4.

NCTM, Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA:NCTM, 2000.

Novita, Aresti, Imam Sujadi, dan Dyah Ratri Aryuna. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Jaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), Vol.II, No. 2.

Nurafni, Atika dan Heni Pujiastuti. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Cofidence Siswa: Studi Kasus di SMAKN 4 Pandeglang. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2 (1).

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Yolanda, Fitriana. Putri Wulandari. 2020. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. Jurnal Anargya. Vol 3 (1).

Zulfah, Ummu. dkk. 2018. Penerapan Model Inquiry Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sd. Jurnal Anargya. Vol 1 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: