Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ix Pada Materi Persamaan Kuadrat

Dwi Dian Ditasari, Himmatul Ulya, Savitri Wanabuliandari

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Persamaan Kuadrat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas IX-B SMPN 5 Pati. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa berkemampuan tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik dalam menentukan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah berada pada kategori baik. Siswa berkemampuan tinggi telah mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dengan sangat baik sedangkan siswa berkempuan sedang dan rendah berada pada kategori cukup. Dalam mengaitkan berbagai konsep, siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik.

Abstract

This study aims to describe the ability to understand students' mathematical concepts in the Quadratic Equation material. This study used descriptive qualitative method. The subjects used in this study were students of class IX-B SMPN 5 Pati. The research subjects were 30 students. The instrument in this study used an ability test for understanding mathematical concepts and interviews. The data analysis used is data presentation, data reduction, and conclusion drawing. Based on the results of data analysis, it can be concluded that students with high and medium abilities have very good concept understanding abilities in determining examples and not examples of a concept, while students with low abilities are in the good category. High-ability students have been able to restate the concepts that have been studied very well, while moderate and low-ability students are in the sufficient category. In linking various concepts, students with high, medium, and low abilities have a fairly good understanding of mathematical concepts.


Keywords


kemampuan pemahaman konsep;persamaan kuadrat

Full Text:

PDF

References


H.B.Uno. (2011). Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Masitoh, & Prabawanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 18–19.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1).

Nasional, D. P. (2017). Peraturan Menteri Nomor 506/C/Kep/PP/2004. Refika Aditama.

Nilasari, D., & Warmi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penyelesaian Soal Matematika Persamaan Kuadrat Pada Kelas X Sma Negeri 1 Pebayuran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, c, 673–679.

Permendiknas. (2006). Nomor 23 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Menteri Pendidikan Nasional.

Suraji, Maimunah, & Saragih. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: