Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Diskalkulia Kelas V Sd 3 Samirejo

Fia Nasyihah, Ratri Rahayu, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis dalam suatu proses pembelajaran matematika. Siswa akan mudah dalam mengemukakan argumentasinya jika siswa tersebut memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik. Dalam hal ini siswa diskalkulia merupakan subjek yang akan diteliti kemampuan penalaran matematisnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan penalaran matematis siswa diskalkulia kelas V materi statistika dan pengolahan data. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa diskalkulia kelas V SD 3 Samirejo pada materi statistika dan pengolahan data. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Samirejo. Tahap-tahap penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) pra-lapangan, (2) pekerjaan lapangan, (3) analisis data, (4) dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan penalaran matematis, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, teknik triangulasi, dan simpulan. Berdasarkan hasil tes skrining diskalkulia dilanjutkan dengan tes WISC (Wechler intellegence Scale for Children) maka diperoleh 2 subjek penelitian dengan siswa diskalkulia. Siswa diskalkulia tersebut adalah KAK dan MFM. Hasil dari tes penalaran menyatakan bahwa rata-rata kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa diskalkulia kelas V SD 3 Samirejo pada materi statistika dan pengolahan data adalah kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa setelah mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa diharapkan dapat menjadikan hasil tersebut sebagai pembelajaran sehingga bisa meningkatkan kemampuan penalaran matematis untuk siswa berikutnya. 

Abstract

Abstract This research is motivated by the importance of mathematical reasoning ability in a mathematics learning process. Students will easily express their arguments if they have good mathematical reasoning abilities. Therefore, it is necessary to conduct further research on the mathematical reasoning abilities of class V dyscalculia students in statistics and data processing. The purpose of this study is to determine the mathematical reasoning ability of the fifth grade students of primary school 3 Samirejo on statistics and data processing. The research stage used in this research are (1) pre-field work, (2) field work, (3) data analysis, (4) and reporting.  Data collection techniques used in this study were observation, mathematical reasoning ability tests, interviews and documentation studies. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, triangulation techniques, and conclusions. Based on the results of the dyscalculia screening test followed by the WISC (Wechler Intelligence Scale for Children) test. Based on the results of the analysis of mathematical reasoning abilities, it is known that are 5 dyscalculia students in class V elementary school 3 Samirejo. The dyscalculia students are DRR, KAK, MFM, NF, and SF. The results of the reasoning test stated that the average mathematical reasoning ability of class V dyscalculia students in statistical material and data processing was not good. It can be conclude that after knowing the students mathematical reasoning ability, it is expected that the result can be used as learning so that they can improve their mathematical reasoning abilities for the next students.


Keywords


diskalkulia;kemampuan penalaran;matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Asdarina & Ridha. (2020). Jurnal Numeracy. Jurnal Numeracy, 7(1), 35–48.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9

Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.

Indriastuti, M., Mulyono, & Kristiyani, I. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Generatif secara Daring. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 320–328. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44953/18377

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah. 1–4.

Khainingsih, F. G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754

Mulbar, D. (2018). Description of Mathematics Reasoning Ability in Solving Story. 2004, 1–10.

Nababan. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Permendikbud. (2014). Permendikbud nomor 104 tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 1–8.

Sholikhah, M. I. (2019). Profil Penalaran Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33313

Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540

Sinaga, R. & S. (2020). Кинетика Реакций 1- И 2-Нафтила С Метилацетиленом И 1,2-Пропадиеном. Media Gambar Terhadap Diskalkulia Di Sekolah Dasar, 47(3), 219–234.

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2020). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111. https://doi.org/10.35580/imed11047

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Togatorof, J. B., Elovany, W., & Tarigan, B. (2021). BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019 / 2020. 5(2).

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017a). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017b). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773

Ulya, H., Rahayu, R., Kartono, K., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Matematis Mahasiswa Dalam Penerapan Asesmen Kolaboratif. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 113–120. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.4125

Yuliyanto, A. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR UNTUK Diajukan untuk Memenuhi Syarat Mengikuti LKTI TCA XVI Bidang Pendidikan Oleh Aan Yuliyanto ( 1400184 ). July.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: