Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Laerning (PBL) Berbantuan Math Home Application untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Devita Afriyani, Savitri Wanabuliandari, Sumaji Sumaji

Abstract


Proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran langsung dapat menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan kurang aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil studi pendahulan yang menunjukan soal kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh skor rata- rata klasikal sebesar 50,5%, nilai tersebut terbilang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengakaji efektivitas penggunaan model pbl berbantuan math home application untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XE-11 dan XE-12 di SMA N 1 Gebog Kudus yang diplih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian uji normalitas, uji homogenitas,uji independent sample t test, uji N-Gain dan uji Paired. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang yang diajaar menggunakan model pbl berbantuan math home application lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran lansung dilihat dari perhitungan nilai 𝑠𝑖𝑔 = 0,000 ≀0,05 𝐻𝑂 π‘‘π‘–π‘‘π‘œπ‘™π‘Žπ‘˜, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pbl berbantuan math home application dilihat dari perhitungan sig untuk pretest dan posttest penggunaan aplikasi math home adalah 0,000 maka 𝑠𝑖𝑔 ≀ 0,05 π‘šπ‘Žπ‘˜π‘Ž 𝐻𝑂 π‘‘π‘–π‘‘π‘œπ‘™π‘Žπ‘˜. Bedasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran pbl efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.


Keywords


kemampuan pemahaaman konsep;Problem-Based Learning;math home application

Full Text:

PDF

References


Achmad Mubaid, Sutrisno, D. E. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 323–331.

Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.

AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969

Andraeni, R. V., Supriyatna, A., & Istiningsih, G. (2023). 34 Pengaruh Model Problem Based Learing Berbantuan Media Papan Pecahan Dan Geometri (Pari) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas Iv. Jurnal Holistika, 5(1), 34.

https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.34-40

Fernanda Shella Elvira1*, Fenny Roshayanti2, S. B. (2020). Efektivitas model problem based learning berbantuan media animasi terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 511–521.

Fitri, R., Mustika, H., S, I. F. A., Learning, P. B., Pembelajaran, V., & Matematika, P. K. (2022).

Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika the Effectiveness of the Problem Based Learning Model Assisted With Video Learning on Improving Understanding of Math Concept. 5.

Hariyono, M., & Nur Widhi, E. (2021). Geoshape Digital: Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1),

https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.35-50

Jayanti Putri Purwaningrum dan Latifah Nur Ahyani. (2021). Pengembangan Digital Interactive Module Bernuansa Javanese Culture Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

Siswa Diskalkulia.

Laamena, C. M., Mataheru, W., & Hukom, F. F. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Swishmax Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Prisma Dan Limas. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 15(1), 029–036.

https://doi.org/10.30598/barekengvol15iss1pp029-036

Maulidina, I. S., & Arianto, F. (2021). Efektivitas Media Video Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Letak, Luas, Batas Dan Karakteristik Wilayah …. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 11(6).

Purwaningrum, J. Muzid, S., Siswono, TYE, Masriyah, and Kurniadi, G. (2021). Analysis of Mathematics Learning Resource Needs for Students with Discalculia as a Reference for Development of Local Wisdom-Based Modules. SJME (Supremum Journal of Mathematics

Education), 5(2), 199–206.

Purwaningrum, J. P. (2016). Pengaruh Problem-Based Learning β€œWhat’S Another Way Dan Discovery Learning Dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Smp. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2), 53–66.

https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.348

Purwaningrum, J. P. (2021). Pengembangan Digital Interactive Module Bernuansa Javanese Culture untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Diskalkulia.

Purwaningrum, J. P., Muzid, S., Siswono, T. Y. E., Masriyah, & Kurniadi, G. (2023). Validity of

mathematics module based on character education with Kudus local content β€œGusjigang” for dyscalculia students. International Conference on Applied Computational Intelligence and

Analytics (Acia-2022), 2705, 040067. https://doi.org/10.1063/5.0126610

Purwaningrum, J. P., Muzid, S., Siswono, T. Y. E., & Masriyah, M. (2021). Local wisdom-oriented learning module to improve mathematical creative thinking ability of dyscalculia students.

Linguistics and Culture Review, 5(S2), 1035–1044.

https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns2.1618

Setyawan, N. R., Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Papan Madu. Fondatia, 7(1), 260–270. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3177

Sinurat, grace margareth stevany, & Surya, E. (2020). Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Masalah Matematis Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal, May.

Virgiana, A., & Wasitohadi, W. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sdn 1 Gadu Sambong -

Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118

Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Kudus pada Siswa Slow Learner. 7(1), 63–70.

Wanabuliandari, S., & Ulya, H. (2021). penilaian pembelajaran matematika.pdf. Purwokerto: CV.Pena Persada.

Zulfa, A., & Warniasih, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(22), 371–375.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: