Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan E-Modul Brustar Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah

Nungky Faila Shofa, Himmatul Ulya, Savitri Wanabuliandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan kelas VIII SMP 3 Bae Kudus diperoleh nilai ratarata yaitu 8,20. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Rancangan dalam penelitian mengacu pada The Noneequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang merupakan jenis desain dari penelitian Quasi Experimental.Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random
Sampling
. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Bae Kudus dengan subjek penelitian kelas VIII F. Teknik pengumpulan datanya menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan meliputi uji t satu sampel dan uji n-gain dilanjutkan dengan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dengan siswa yang diajarkan pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan e-modul BruStar.


Keywords


model RME (Realistic Mathematics Education); e-modul BruStar; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 0). Depdiknas.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta.

Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Gea, K. M., Rangkuti, Y. M., Minarni, A., Pendidikan, P., & Pascasarjana, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2270–2285.

Handayani, H. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas II Sekolah Dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–45.

https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2687

Hannah Nur Fadzillah, S., Putri Purwaningrum, J., & Wanabuliandari, S. (2020). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model MMP Berbantuan Modul Etnomatematika Pada Siswa Kelas IV SDN Wonosekar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(1), 105–115.

https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2796

Isbandini, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Realistic Mathematics Education ( RME ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang ( SENDINUSA ), 3(1), 154–159.

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

JPPM, 11(2), 55–66. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1630

Kusumawati, N. (2013). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, 1(1), 104–113.

Mardhiyah, U., Wanabuliandari, S., & Bintoro, H. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model PjBL Berbantuan E-modul Lubuk Etnomatematika. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 10040–10044.

https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3342

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Nisa, M. K., Purwaningrum, J. P., & Bintoro, H. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran RME ( Realistic Mathematics Education ) Berbantuan Media Cermath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 3, 444–451.

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. In PISA 2009 at a Glance (pp. 15–25). OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Purwaningrum, J. P. (2018). Penerapan Pembelajaran Penemuan Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 29–37.

Purwaningrum, J. P., & Syafei, M. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA MATERI BILANGAN TERHADAP PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA The Implementation of Concept Learning Model on Numbers Material in English Language

Abilities Students of Mathematics Education Study Program. 4(1), 7–17.

Putri Purwaningrum, J., & Ahyani, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat Dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 244.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2449

Rahmadayanti, A., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2022). PENGARUH MODEL CORE BERBANTUAN MODUL DIGITAL. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (2022) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muria Kudus, 26–36.

Safitri, I. (2015). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma,

(2), 1–10. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP.

Journal of Education, 01(03), 411–416.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan

Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96.

https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Wanabuliandari, S., Ristiyani, R., & Kurniasih, N. (2021). E-Modul Matematika Berbasis Santun Berbahasa Bagi Siswa Slow Learner. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1261–1272. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3574

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462.

https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: