Kepraktisan E-Modul Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Rizky Armnima, Henry Suryo Bintoro, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Modul elektronik dikenal sebagai E-Modul merupakan pengembangan dari bahan ajar
modul konvensional. E-Modul disusun secara sistematis, dan terdiri atas materi yang
akan dikuasai siswa serta memiliki penyajian menarik. Tujuan dari penelitian ini
untuk menguji kepraktisan pengembangan E-Modul Relasi dan Fungsi untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.
Penelitian pengembagan ini dilakukan di MTs. NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dengan
subjek penelitian VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa:
1) angket respon kepraktisan media pembelajaran E-Modul Relasi dan Fungsi guru
dan 2) angket respon kepraktisan media pembelajaran E-Modul Relasi dan Fungsi
terhadap siswa. Model penelitian dan pengembangan (Research and Development)
mengacu pada model ADDIE, dan terdiri 5 tahap meliputi: Analysis (Analisis), Design
(Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
Evaluation (Evaluasi). Hasil respon kepraktisan media pembelajaran terhadap guru
diperoleh skor rata-rata 3,40 dan dikategorikan praktis, dan hasil respon kepraktisan
terhadap 30 siswa diperoleh skor rata-rata 3,39 kategori praktis, sehingga
menunjukkan adanya respon positif terhadap pengembangan media pembelajaran EModul Relasi dan Fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII.


Keywords


ADDIE; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Modul Elektronik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. 2016. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.

Aisyi, F. K., dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar TIK SMP Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal INVOTEC, 9 (2): 117-128.

Aklimawati dan Rifaatul M. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Peluang, 6 (2): 8-

Annisa, A. R., dkk. 2020. Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Anti Bakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11 (1): 72-80.

Dwianti, Inri Novita, dkk. 2021. Pengaruh Media Power Point dalam Pembelajaran Jaral Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. JIWP, 7 (4): 675-680.

Fadzillah, S., dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model MMP Berbantuan Modul Etnomatematika pada Siswa Kelas IV SDN Wonosekar. Pendas, 5 (1):

-115.

Gunantara, Gede., dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar

PGSD, 2 (1).

Irawan, A. dan M. Arif R. H. 2021. Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10

(1), 91-100.

Kurniadi, G. dan Jayanti P. P. 2018. Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal JPPM,

(2): 55-66.

Laili, I., Ganefri dan Usmeldi. 2019. Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3

(3): 306-315.

Lisyanti, D. 2019. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Exe Learning Pada Siswa SMP Kelas VII. Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Luksiana, Eni dan Jayanti P. P. 2018. Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik. Anargya: Jurnal Pendidikan

Matematika, 1 (2): 98-102.

Maulana, M. 2021. Pengembangan Aplikasi Geo-3D Untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Matematis Siswa SMA. Kudus: Program Sarjana Universitas Muria Kudus.

Mawaddah dan Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative

Learning) di SMP. Edu-Mat, 3 (2): 166-175.

Nurfatanah, R dan Nurjannah. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546-551.

Nurfianti, E. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kudus: Program Sarjana Universitas Muria Kudus.

Nurhidayati, A., dkk. 2018. Penerapan Model PBL Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 41 (2): 130-138.

Ompusunggu, V. D. K. 2022. Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional, 1-8. Inopendas, Jurnal Ilmiah dan Kependidikan, 1 (1): 29-37.

Purwaningrum, J. P. 2018. Penerapan Pembelajaran Penemuan Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.

Purwaningrum, J. P. 2019. Kajian Masalah Pendidikan Matematika. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Purwaningrum, J. P. Dan Ahyani, L. N. 2016. Penerapan Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laporan Penelitian, Kudus: Fakultas Psikologi Univeritas Muria Kudus.

Putra, H. D., dkk. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (2).

Rahmah, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Al—Khawarizmi, 2: 1-10.

Rahayungingsih, R. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Software Geogebra Untuk Mendukung Hasil Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Segitiga di kelas VII

SMPK Kemasyarakatan Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sari, L. I., Henry S. B. dan Jayanti P. P. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Knisley Berbantuan Media Jing-Jing Bar. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2): 1.

Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1): 58-67.

Wanabuliandari, S. dan Himmatul Ulya. 2018. Penilaian Pembelajaran Matematika. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Winarti, D. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran,

(6): 1-9.

Yudasmara, G. A., Purnami D. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48 (1-3): 1-8

Zulkipli & Hidayah A., 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik, Jurnal EduMat, 6 (1): 34-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: