LKPD Matematika SMP Materi Teorema Pythagoras Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Concept Siswa. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 879-891.
Ariyanto, M. P., Purwaningrum, J. P., & Sumaji. 2024. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media SWOTE-MATH terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 27-43.
Aspers, P., & Corte, U. 2019. What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology, 42(2), 139–160.
Azizah, M., Sulianto, J., Cintang, N., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 35).
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P., 2023. Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 15-28.
Denty A. (2023, December 5). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2023/12/Peringkat-Indonesia-Pada-Pisa-2022-Naik-56-Posisi-Dibanding-2018.
Eka Amira. (2021, July 31). Lima Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting Untuk Diketahui.
Ennis, R. H. (1985). Facione & Facione, 1992; Martin, 1992; McPeck. Resnick.
Febrianti, D. N., & Purwaningrum, J. P. 2021. Jerome Bruner's Theory of Learning to Improve Basic School Students' Understanding of Numbers by Learning in Stage. Mathematics Education Journals, 5(1), 46-57.
Gusyanti, C., & Sujarwo. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4), 123–130.
Herawati, H., Ismet, & Kistiono. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA . Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 165–177.
Kemdikbud. (2022a). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka 2.
Kemdikbud. (2022b, September 30). Mengenal 6c Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Abad 21. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/09/mengenal-peran-6cdalam-pembelajaran-abad-21.
LP2M. (2022, March 4). Mengenal Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D. https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/.
Marinda Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar . An -Nisa, Jurnal of Gender Studies, 13(1), 116–152.
Nazwa Guseynova K, Hepsi Nindiasari, Evalina Rizky, Mita, Nabil Fajari R, & Nabil Makarim. (2022). Analisis Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1Citeureup Dengan Instrumen Test Of Logical Operations (TLO). WILANGAN, Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 195–202.
Permatasari, A. I. (2021, July 21). Lemahnya Kemampuan Siswa dalam Berpikir Kritis . Https://Www.Kompasiana.Com/Ayu0912/60f561f41525107e4e74f1d2/Lemahnya-Kemampuan-Siswa-Dalam-Berpikir-Kritis.
Prana, I. G. L. A. A., Sadia, Iw., & Jelantik, I. B. (2018). Pengembangan LKS Sains dengan Setting Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri. Thinking Skills And Creativity Journal, 1(2), 66–75.
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87.
Redhana, Iw. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Cakrawala Pendidikan, 31(3), 351–365.
Riani, N., Karlimah, K., & Giyartini, R. (n.d.). Pengembangan LKPD pada permainan congklak tentang materi operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas II sekolah dasar . COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 7(5), 879–886.
Ritonga, N. M., Anas, N., & Rohani. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah . JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4), 37–40.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 52–56.
Sitompul, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX . GAUSS : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54.
Ulfa, F. (201 C.E.). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis. Jurnal Derivat, 4(1).
Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: