Penerapan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Materi Aritmetika Sosial
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, F., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop Up Book untuk Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. PRISMA, 10(2), 156. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1838
Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Smith, J. M., & Zagami, J. (2016). A K-6 Computational Thinking Curriculum Framework: Implications for Teacher Knowledge. JSTOR, 19(3), 47–57.
Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
Ariyanto, M. P., Purwaningrum, J. P., & Sumaji. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media SWOTE-MATH terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 27-43.
Djulia, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Biologi. Yayasan Kita Menulis.
Fajri, M., Yurniwati, & Utomo, E. (2019). Computational Thinking, Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21009/DSD.XXX
Fatmawati, D. P. (2024). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Computational Thinking. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10.
Febrianti, D. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Jerome Bruner's Theory of Learning to Improve Basic School Students' Understanding of Numbers by Learning in Stage. Mathematics Education Journals, 5(1), 46-57.
Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278
Giyanto, Leny, H., & Rubini, B. (2020). Sel Volta dengan Pendekatan Stem-Modeling. Lindan Bestari.
Hadiyanti, Y. R., Tandililing, P., & Seralurin, M. M. F. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 995–1002. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Ifriliya, L. (2022). Potensi Implementasi Computational Thinking pada Pembelajaran Fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 11(3), 1–14.
Isharyadi, R., & Juandi, D. (2023). A Systematics Literature Review of Computational Thinking in Mathematics Education: Benefits and Challenges. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.15922
Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 309–316.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149
Kalelioglu, F. (2018). Characteristics of Studies Conducted on Computational Thinking: A Content Analysis. Foundations and Research Highlights.
Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.
Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). SPASI MEDIA.
Kresnadi, H., Vilda, D. A., Ghasya, & Pranata, R. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Berdasarkan Tahap Generalisasi Pola dan Desain Algoritma Siswa di Kelas III SDN 03 Toho. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1660–1666.
Kristiandari, C. S. D., Akbar, M. A., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking dan STEM dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V-B SD Kanisius Kadirojo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4794–4806.
Lathiifah, I. J., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1273–1281.
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Lestari Pratiwi, G., & Akbar, B. (2022a). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302
Lestari Pratiwi, G., & Akbar, B. (2022b). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302
Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, Abd. (2020). Computitonal Thinking. Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. WADE GROUP.
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. 6(1), 7786–7796.
Mauliani, A. (2020). Peran Penting Computational Thinking Terhadap Masa Depan Bangsa Indonesia. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 9(2).
Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi dalam menyelesaikan Bebras Task ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis siswa.
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 453–460.
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283–293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806
Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345
Nurcahyandi, Z. R., Ariyanto, M. P., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Solving pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbantuan Media Karet-Star (Karambol Etno SPLDV Nusantara) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT).
Pramasdyahsari, A. S. (2023). Berpikir Kritis Matematis dan Literasi Matematika melalui Digital Book Berbasis STEM-PJBL. Eureka Media Aksara.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 17–26.
Salwadila, T., & Hapizah, H. (2024). Computational thinking ability in mathematics learning of exponents in grade IX. Infinity Journal, 13(2), 441–456. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p441-456
Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. JURNAL SERAMBI ILMU, 21(2), 211–228. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2235
Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan Refleksi) terhadap Kemampuan berpikir Komputasional Matematis Siswa.
Selby, C. C., & Woollard, J. (2013). Computational Thinking: The Developing Definition. Special Interest Group on Computer Science Education (SIGCSE) 2014.
Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958
Simarmata, J., Simanihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskandar, A. (2020). Pembelajaran STEM berbasis HOTS dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Suryani, G. (2022, February 8). Apa Itu Computational Thinking? RECO.
Suryanti, Sari, C. Y., & Kristiani. (2020). Kesalahan Penyelesaian Soal Statistika Tipe High Order Thinking Skills Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 207–218. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.207-218
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). DEEPUBLISH.
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69–87. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.69-87
Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480
Wisnujati, N. P., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Konten Kreatif TikTok terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 96-104.
Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898
Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 706–713.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650
Zamzami, E. M., Tarigan, J. T., Zendrato, N., Muis, A., Yoga, A. P., & Faisal, M. (2020). Exercising the Students Computational Thinking Ability using Bebras Challenge. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1), 012113. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: