PEMBANGUNAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PUSAT KESEHATAN HEWAN KOTA CIMAHI

Rizky Fajari Oktaviansyah, Wina Witanti, Puspita Nurul Sabrina

Abstract


Pesatnya persaingan bisnis pusat kesehatan hewan dewasa ini, menuntut pihak manajemen pusat kesehatan hewan untuk menerapkan suatu strategi yang tepat, demi mendukung proses bisnisnya, salah satunya ialah melalui manajemen hubungan pasien, dengan tujuan untuk menciptakan loyalitas pasien. Kepuasan diharapkan terlaksana mulai dari pasien mencari informasi hingga selesai mendapatkan layanan di pusat kesehatan hewan Kota Cimahi. Kemungkinan penerapan Electroic Customer Relationship Management (e-CRM) menjadi sebuah alternatif solusi yang tepat guna terwujutnya loyalitas pasien. Mengingat pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam keberlangsungan suatu bisnis perusahaan maka perlu dibangunlah sebuah Sistem Electronic Customer Relationship Management di Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi yang dapat digunakan oleh pihak pusat kesehatan hewan dalam menjembatani hubungan dengan pelanggan, membangun kepercayaan pelanggan sehingga akan terbangunlah loyalitas dari pelanggan itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap observasi, analisis kebutuhan, desain, coding, testing dan dokumentasi. Penelitian ini bermaksud untuk membangun Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Puskeswan di kota Cimahi menjadi lebih tinggi dari sebelummnya.

Keywords


Electronic Customer Relationship Management; e-CRM; loyalitas

Full Text:

PDF

References


Afrina & Ibrahim, 2013. Rancang Bangun Electronic Customer Relationship Mangement (ECRM) sebagai Sistem Informasi dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital

Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 5, no. 2, pp. 630-

Afrisiandy, Aradea & Reza El Akbar, 2014. Pemodelan Sistem Layanan Rumah Sakit Berbasis

Customer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus: RSUD Tasikmalaya). Jurnal

Informatika, pp. 1-7.

Danardatu, 2013. Pengenalan Customer Relationship Management (CRM). Kuliah Umum

Ilmukomputer.com, pp. 1-5.

Dyantina, Afrina & A. Ibrahim, 2012. Penerapan Customer Relationship Managemen (CRM)

Berbasis Web (studi Kasus pada Sistem Informasi Pemasaran di TOko YEN-YEN).

Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 4, no. 2, pp. 516-529.

Hidayat, 2014. Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM untuk

Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. 4, no. 2, pp. 41-45.

Irwiensyah & Eko K. Budiarjo, 2015. Analisis Fitur CRM untuk Meningkatkan Kepuasan

Pasien berbasis pada Framework Of Dynamic CRM Studi Kasus: Departemen Obstetri

Dan Ginekologi FKUI RSCM Jakarta. Seminar Nasional Informatika, pp. 349-354.

Yunitarini, Santoso & Heru Nurwasito, 2012. Implementasi Perangkat Lunak Electronic

Customer Relationship Managemen (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic

CRM. Jurnal EECCIS, vol. 6, no. 1, pp. 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.