IMPLEMENTASI BLUETOOTH PADA RANCANG BANGUN TIMBANGAN DIGITAL UNTUK PENCATATAN HASIL PENJUALAN BERBASIS ARDUINO

Ade Putra Prakasa, Mohammad Iqbal, Solekhan Solekhan

Abstract


Bluetooth merupakan sebuah modul elektronika yang sering digunakan untuk komunikasi tanpa kabel. Penerapan bluetooth ini salah satunya digunakan pada timbangan digital yang mampu mencatat hasil penjualan dan membagikan data dengan menggunakan bluetooth. Data yang dibaca dari sensor load cell tadi diolah arduino dan dikirimkan melalui bluetooth ke ponsel android pengguna yang sudah terinstal aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut dibuat menggunakan software MIT App Inventor. Dimana aplikasi itu bisa menyimpan data yang dikirimkan oleh timbangan digital via bluetooth dan juga bisa membaca hasil data yang tersimpan tadi. Jadi pengguna timbangan digital tidak usah melakukan pencatatan hasil penjualan secara manual menulis dikertas. Data yang disimpan tadi langsung tersimpan pada memori internal android dengan format .csv. Dalam penelitian ini menghasilkan timbangan digital yang mempunyai nilai rata-rata error sebesar 0,44%.


Keywords


Load Cell; MIT App Inventor; Pencatatan; Timbangan Digital

Full Text:

PDF

References


Adzro’I, A., (2018), Rancang Bangun Alat Ukur Volume Cairan Untuk Mesin Injektor Cleaner Berbasis Arduino Dengan Sensor Load Cell C, 1-45.

App, Vida, P., (2018), App Inventor and HTML/JavaScript with Input Parameters, Diambil dari :

https://puravidaapps.com/table.php

Sunandar, E., (2018), Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Layar Sentuh Dan Terintegrasi Ke Android Berbasis Arduino Mega 2560.

Rahmawanto, R.A.T., Rusnindyo, E.H., Arrofiq, M., (2014), Pengembangan Timbangan Buah Digital Berbasis Mikrokontroler ATMega16, Simposium Nasional RAPI 13, 41-45.

Santoso Heri., (2017), Rancangan Bangun Alat Timbangan Digital Dengan Fungsi Menampilkan Dan Merekam Keluaran Berat Barang Dan Harga Untuk Jasa Laundry.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.