PENGHEMAT BAHAN BAKAR DENGAN MENGGUNAKAN PIPA KATALIS METODE HYDROCARBON CRACK SYSTEM GANDA PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK MEGAPRO

Akhmad Riszal, Sena Mahendra, Fahmy Fatra

Abstract


Kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang irit, lincah, cepat, dan praktis merupakan salah satu faktor utama konsumen menentukan pilihan membeli sepeda motor. Masyarakat yang memiliki sepeda motor di bawah tahun 2000 belum dilengkapi dengan alat penghemat bahan bakar, sehingga boros bahan bakar dan harus pintar menghemat bahan bakar. Banyak produsen sepeda motor yang mengeluarkan produk terbarunya paling irit bahan bakar, tetapi mempengaruhi performa mesinnya. Harga bahan bakar jenis premium Rp. 6.500,00 per liter, pertalite Rp. 7.600,00 per liter, pertamax Rp. 8.900,00 per liter, dan pertamax turbo Rp. 10.100,00 per liter. Harga bahan bakar yang tinggi mendorong peneliti melakukan berbagai inovasi penghemat bahan bakar.Tujuan penelitian ini mengembangkan desain pipa katalis HCS model spiral ganda yang disusun seri sehingga mampu menghemat bahan bakar diatas 67% pada sepeda motor 4 tak tanpa mempengaruhi performa mesin. Metode penelitian menggunakan variabel bebas dengan putaran mesin, panjang pipa, diameter pipa, dan volume pertamax. Variabel terikat dengan menguji torsi dan daya mesin, waktu konsumsi bahan bakar, temperatur, dan kebisingan sepeda motor Mega Pro 156,7cc. Penambahan pipa spiral katalis HCS ganda dan volume pertamax menambah waktu performa mesin. Pada panjang 500 mm dan 2000 ml volume pertamax untuk kecepatan putaran mesin 3500 rpm hanya mampu menghemat bahan bakar sebesar 52,52%. Desain pipa spiral katalis HCS ganda yang paling optimal dari yaitu pipa dengan panjang 500 cm dan volume pertamax 2000 ml. Selain waktu performa mesin pada desain pipa spiral katalis ini dapat meningkatkan torsi dan daya mesin sebesar 92,3% pada putaran 3500 rpm serta mengurangi temperatur 12,34% pada putaran 6000 rpm, dan kebisingan 1,93% pada putaran 4000 rpm. Bertambahnya pipa spiral katalis HSC ganda dan volume pertamax dapat meningkatnya kandungan hidrokarbon bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran disuplay dari uap pertamax. Bahan bakar premium (C8H18) di tambah uap pertamax.menjadikan kandungan bahan bakar memiliki nilai oktan tinggi, daya mesin yang lebih besar dan komsumsi bahan bakar rendah. Nilai oktan tinggi mempengaruhi pembakaran mesin sempurna, knocking berkurang, temperatur mesin rendah, dan kebisingan menurun.


Keywords


Hydrocarbon Crack System; Penghemat Bahan Bakar; Performa Mesin; Pipa Katalis Ganda

References


Y. Ana, “10 Sepeda Motor Paling Irit BBM di Indonesia,” 2015. [Online]. Available: www.hargamotor.co.id.

S. Indonesia, Mesin Hemat Bahan Bakar dengan Service Berkala., Book Manual Service, 2nd ed. 2012.

R. Union, Technical Perspective Hydrogen Boosted Engine Operation. 2004.

Subchan, “Pengaruh Penambahan Pipa Katalis Hydrocarbon Crack System Terhadap Penghematan Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Mobil Kijang Super,” Unimus, 2013.

A. F, “Prototipe Alat Penghemat Bahan Bakar Mobil Menggunakan Metode Hydrocarbon Crack System Untuk Menghemat Bahan Bakar Dan Mengurangi Emis Gas Buang,” Snatif

, vol. 1, pp. 49–56, 2014.

Supraptono, Bahan Bakar dan Pelumas. Semarang: Teknik Mesin Fakultas Teknik

Universitas Negeri, 2004.

W. Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakar. Bandung: Bandung, ITB, 1988.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.