RANCANG BANGUN APLIKASI HYBRID UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN

Eliando Eliando, Yunianto Purnomo

Abstract


Hybtif Apps merupakan solusi dari perkembangan teknologi yang dapat mengakomodir proses pembelajaran antara tenaga pengajar atau dosen dengan siswa atau mahasiswa, untuk menarik minat membaca, mempermudah pembelajaran, dan media komunikasi antara dosen dan mahasiswa, yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Dengan Hybrid Apps, pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dikarenakan bahasa pemrograman web yang dapat di gunakan di komputer dan perangkat mobile mapupun native dapat dibangun secara bersama-sama, aplikasi yang berjalanpun menjadi lebih cepat karena dapat dibangun offline maupun online. Metode penelitian yang digunakan adalah SDLC dengan model waterfall yang dipilih berdasarkan skema aplikasi yang dibangun dengan harapan aplikasi akan selalu mengalami pembaruan sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan aplikasi secara gratis kepada setiap instansi pendidikan akan informasi bahan ajar, sehingga setiap tenaga pendidik maupun peserta didik dapat mengunakan aplikasi ini, setiap kritik dan saran akan ditampung melalui email untuk pengembangan aplikasi ini, dengan Hybrid Apps jika terdapat perubahan sistem operasi pengembangan tidak akan sesulit seperti pengembangan aplikasi native.


Keywords


Apps; Bahan Ajarc; Desktop; Hybrid; Mobile

Full Text:

PDF

References


Alfeno, S., and Tiana, W.I., (2018), Aplikasi Mobile Commerce (M-Commerce) Berbasis Android Hybrid., Creative Education of Research In Information Technology and Artificial Informatics Journal, Vol 4, No. 2, ISSN : 2461-1417, pp. 169-179.

Azimah, A. and Wibowo, A., (2016), Implementasi Hybrid Mobile Application Berbasis Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment Pada Android Dan Ios., Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, ISSN: 2302-3805, pp. 175-180.

Hernawan, H., (2017), Penggunaan Aplikasi Mobile Learning Berbasis HTML5 Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mikrobiologi., Jurnal Ilmu Pendidikan, pp. 124-131.

Kuhrmann, M., Diebold, P., Much, J., Tell, P., Garousi, V., Feldere, M., Trektere, K., McCaffery, F., Linnssen, O., Hanser, E., and Prause, C, R., (2017), Hybrid Software and System Development in Practice: Waterfall, Scrum, and Beyond., Proceedings ICSSP, ACM. Preprint.

Kurniawan, Y, K, Oslan, Y., and Kristanto, H., (2013), Implementasi REST-API Untuk Portal Akademik UKDW Berbasis Android, Jurnal EKSIS, Vol 6, No. 2, pp. 29-40.

Pradana, D, I., and Waspada, I., (2019), Aplikasi Hybrid Pada Sistem Informasi Penyewaan Buku., Jurnal SIMETRIS, Vol. 10, No.1, E-ISSN: 2549-3108.

Purmadi, A., Hadi, M.S. and Najwa, L., (2018), Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan., Edcomtech, Vol 3, No. 2, pp. 135-140.

Wicaksono, T.A. and Frediawan, D., (2019), Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMK Muhammadiyah Bojong., Surya Informatika, Vol 6, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.