APLIKASI FUZZY MAMDANI DALAM PEMILIHAN NOTEBOOK BERDASARKAN PRICE, SPECIFICATION, DAN BEAUTY

Dina Tauhida

Abstract


Penjualan notebook di Indonesia cukup marak mengingat konsumen yang menggunakan notebook adalah dari anak – anak hingga dewasa. Notebook sangat mendukung aktivitas konsumen karena sifat portable nya yang dapat dibawa kemana saja. Berbagai merek notebook yang dijual di Indonesia beserta spesifikasi nya yang beragam kerap membuat konsumen bingung untuk memilih notebook yang akan dibeli. Pemilihan notebook dapat dibantu dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan konsumen seperti dari segi price, specification dan beauty (desain). Pada penelitian ini digunakan fuzzy dua tingkat, dimana input tingkat pertama adalah HDD (Hard Disk Drive), dimensi RAM (Random Access Memory), processor, dan monitor sedangkan outputnya adalah specification. Output tingkat pertama (specification) digunakan sebgai input di tingkat kedua disusul variabel price dan beauty dengan output urutan notebook yang direkomendasikan. Pengolahan fuzzy pada penelitian ini menggunakan bantuan software Matlab. Berdasarkan proses pemilihan notebook menggunakan fuzzy Mamdani didapatkan hasil rekomendasi notebook grade terendah adalah Acer dan grade tertinggi adalah Apple.


Keywords


fuzzy; notebook; mamdani; matlab; notebook

Full Text:

PDF

References


Bova, S., Codara, P., Maccari, D., Marra, V., (2010), A logical analysis of Mamdani-type fuzzy inference, I theoretical bases, IEEE International Conference on Fuzzy Systems, Barcelona, Spain.

E. H. Mamdani and S. Assilian, (1975), An experiment in linguistic synthesis with a fuzzy logic controller, International Journal of Man-Machine Studies, vol. 7, no. 1, pp. 1–13.

Hamdani, Haviluddin, Abdillah, S. A., (2011), Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani, Jurnal Informatika Universitas Mulawarman, Vol. 6, No. 3.

McNeill, F. M., (1994), Fuzzy Logic a Practical Approach. AP Professional.

Mubarrok, M.N. dan Abadi, A.M., (2015), Aplikasi Fuzzy Decision Making Dengan MenggunakanMetode Mamdani Penggandaan Dalam Pemilihan Smartphone, Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Siddik, T., Pasar Notebook Indonesia Tahun 2018 Naik Tipis. www.merdeka.com. Diakses: 15 Agustus 2019, jam 10.30.

Srichetta, P. and Thurachon, W., (2012), Applying Fuzzy Analytic Hierarchy Process to Evaluate and Select Product of Notebook Computers, International Journal of Modeling and Optimization, Vol. 2, No. 2.

Susilowati, T., (2013), Rancangan Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Pilihan

Produk Notebook Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW), Jurnal Technology Acceptance Model, Relawan Jurnal Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.