PEMBANGUNAN OPEN DATA PEMETAAN PENYAKIT PADA DINAS KESEHATAN DI BANDUNG BARAT

Asri Sondari, Faiza Renaldi, Asep Id Hadiana

Abstract


Dinas Kesehatan Bandung Barat adalah salah satu unsur pelaksana otonomi daerah Bandung Barat dalam bidang kesehatan yang memiliki tugas pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah sesuai dengan asas otonomi dan visi misi daerah. Salah satu fungsi Dinas Kesehatan adalah pelaksanaan dan pembinaan tugas dalam bidang pelayanan, pencengahan penyakit, dan rujukan, usaha kesehatan masyarakat, serta sumber daya kesehatan di ruang lingkup kabupaten. Sebagai bentuk pelayanan masyarakat yang baik, Dinas Kesehatan juga perlu menyediakan layanan informasi yang lengkap dan akurat seputar data kesehatan dan hasil program kerja Dinas Kesehatan. Namun, website yang tersedia saat ini hanya menyajikan informasi seputar profile dari Dinas Kesehatan dan tidak memuat data dan informasi yang dapat dimanfaatkan serta dikembangkan oleh publik. Untuk perbaikan dalam penyediaan layanan informasi oleh pemerintah dan memacu partisipasi masyarakat, diperlukannya Open Data yang memuat seluruh data dan informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Tujuan pembangunan Open Data ini untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat, yaitu menyediakan informasi yang mudah ditemukan, diakses dan digunakan.

Keywords


Data; Dinas Kesehatan; Informasi; Open; Pelayanan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


C. M. Chan., (2013), From Open Data to Open Innovation Strategies: Creating e-Services

Using Open Government Data, Hawaii International Conference on System Sciences,

pp. 1891-1899.

E. Ruijer, S. Grimmelikhuijsen and A. Meijer., (2017), Open data for democracy:

Developing a theoretical framework for open, Government Information Quarterly, pp. 45-52.

E. Ruijer, S. Grimmelikhuijsena, M. Hogan, S. Enzerinka, A. Ojo and A. Meijera., (2017),

Connecting societal issues, users and data, Scenario-based design of open, Jurnal

Government Information Quarterly, pp. 1-11.

J. Thorsby, . N. G. Stowers, K. Wolslegel and E. Tumbuan., (2017), Understanding the

content and features of open data portals in, Government Information Quarterly, pp. 53-61.

M. Henninger. (2017), Government information: Literacies, behaviours and practices,

Government Information Quarterly, pp. 8-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.