APLIKASI PENGELOLAAN DATA DAN PELAYANAN JASA LAUNDRY ONLINE

Noor Latifah, Diana Laily Fithri, Dianing Ratna Wijayani

Abstract


Jasa laundry adalah bisnis di bidang jasa pencucian baju atau pakaian dengan berbagai macam layanan seperti cuci kering saja, cuci kering dan setrika, atau setrika pakaian saja. Hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa proses pengelolaan data pada usaha laundry masih belum belum bisa maksimal dan terdapat beberapa masalah seperti penumpukan arsip dan laporan, aliran informasi yang lambat, lambatnya proses pencarian data, dan rekap laporan transaksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan perancangan dan pembangunan aplikasi pengelolaan data dan pelayanan jasa laundry. Aplikasi dibangun dengan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Perancangan dilakukan dengan membuat Context Diagram, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, dan User Interface. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemograman PHP. Proses pengujian sistem informasi dilakukan dengan menggunakan metode black-box testing.


Keywords


aplikasi; laundry; online; pelayanan; waterfall

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. P. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Pada UpikAbu Laundry. Bandung.

Fandy, T. (2000). Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy offset.

Harisuddin, Nirohana, H., Fadillah, M., Al Qassam, M. I., Diamanta, N. P., & Safitri, N. D. (2016). Sistem Informasi Laundry Berbasis Metode OOAD. Indonesian Journal on Networking and Security.

Hidayat, R. S., & Winarno, A. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry pada Hello Laundry.

Kamil, H., & Duhani, A. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web dengan Fitur Mobile pada 21 Laundry Padang. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016. Jakarta.

Roger S., P. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.