PROSES MANUFAKTUR MESIN PENGADUK SIRUP PARIJOTO DENGAN KAPASITAS 10 LITER SETIAP PROSES

Muhammad Sirril Wafa Abror, Masruki Kabib, Hera Setiawan

Abstract


Pada proses pencampuran bahan sirup parijoto, pada industri pembuatan sirup, umumnya proses tersebut dilakukan manual dengan cara pengadukan menggunakan sepatula di wajan dengan menggunakan kompor gas, mengakibatkan kurang maksimalnya kualitas pengadukan pembuatan sirup dan dibutuhkan waktu yang kurang efisien sehingga bergantung pada tenaga manusia yang cenderung semakin berkurang ketika semakin banyak tenaga yang dikeluarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat mesin pengaduk untuk bahan sirup Parijoto. Teknologi pengadukan sangat dibutuhkan untuk UMKM karena akan meningkatkan pencampuran yang homogen, effisiensi, keefektifan, biaya dan mengurangi beban tenaga kerja. Metode dalam proses manufaktur mesin pengaduk untuk bahan sirup Parijoto ini di awali dengan proses desain manufaktur, prses pengerjaan dan pengujian penggunaan mesin. Tahap pembuatan mesin mencakup pekerjaan : Gambar kerja, pemotongan bahan, pembubutan, pengelasan, perakitan dan uji kerja mesin untuk mengetahui hasil pembuatan mesin. Hasil penelitian ini adalah sebuah mesin pengaduk parijoto, gula dan air dengan kapasitas 10 liter setiap proses dengan penggerak 2 motor listrik.


Keywords


Air; Gula; Mesin Pengaduk; Parijoto

Full Text:

PDF

References


Mazmur, A. And Musa, L. (2017) ‘Rancang Bangun Mesin Pengolahan Buah Markisa Menjadi Sari Dan Sirup Markisa’, 2017, Pp. 98–103.

Pratama, R. B. (2018) ‘Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Cat Dengan Kapasitas Volume 75 L Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Cat Dengan Kapasitas Volume 75 L’, 75.

Pribadi, A. S. And Chamidin, R. B. (2015) ‘Rancang Bangun Mesin Pengaduk Adonan Donat’. Sidiq, Y. And Mumpuni, K. E. (2014) ‘Identifikasi Variasi Genetik Parijoto (Medinilla Javanensis(Bl.)Bl.Dan Medinilla Verrucosa (Bl.) Bl.) Dengan Penanda Molekular Sebagai Sumber Belajar’, Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental,

And Learning.

Winoto, S. (2001) ‘Perancangan Alat Pengaduk Dodol Semi Otomatis Abstrak’, Pp. 5–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.