PERANCANGAN MESIN PENGADUK SIRUP PARIJOTO DENGAN SISTEM TIGA BLADE

Muhammad Supriyanto, Masruki Kabib, Hera Setiawan

Abstract


Mesin pengaduk sirup parijoto dengan sistem tiga blade adalah mesin pengaduk yang digunakan untuk pembuatan produksi sirup parijoto dalam skala kecil dengan menggunakan 3 blade yang dapat di gerakkan naik turun. Pengolahan buah parijoto di Kabuapten Kudus ini masih sangat kurang, karena keterbatasan alat dan cara pembuatannya. Buah parijoto adalah buah asli Kabupaten Kudus yang sering kita jumpai di lereng pegunungan muria tepatnya di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah. Merancang mesin pengaduk sirup parijoto dengan kapasitas 10 liter per proses.. Metode dalam perancangan mesin pengaduk sirup parijoto ini ialah studi literature, analisa kebutuhan mesin pengaduk, konsep desain, perhitungan kekuatan dan daya motor penggerak. Hasil penelitian adalah telah dirancang mesin pengaduk dengan kapasitas 10 liter per proses dengan menggunakan 2 motor listrik, penggerak ulir daya menggunakan motor dengan daya 300 watt dan motor untuk menggerakan pengaduk menggunakan motor dengan daya 30 watt, dengan Tipe pengaduk blade flat impeller dan putaran pengadukan 100 rpm.


Keywords


Blade; Mesin Pengaduk; Parijoto; Sirup

Full Text:

PDF

References


Kars-Jordan, F., & Hiltunen, P. (2007). Agitation Handbook Filipp Kars-Jordan Petri Hiltunen.

Niswah, L. (2014). Uji Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Buah Parijoto ( Medinilla Speciosa Blume ) Uji Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Buah Parijoto ( Medinilla Speciosa Blume ). Skripsi, (September).

Pratama, R. B. (2018). Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Cat Dengan Kapasitas Volume 75 L Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Cat Dengan Kapasitas Volume 75 L, 75

Saragih, A. F., Wibowo, A. S., Elektro, F. T., Telkom, U., Telekomunikasi, J., Kolot, D., & Logic, F. (2017). Sistem Kendali Mixer Otomatis Di Industri Makanan, 4(3), 3106–3113.

Sidiq, Y., & Mumpuni, K. E. (2014). Identifikasi Variasi Genetik Parijoto ( Medinilla Javanensis ( Bl .) Bl . Dan Sumber Belajar. Seminar Nasional Xi Pendidikan Biologi Fkip Uns, 667–672.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.