INOVASI GERGAJI TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK MEBEL KHARAKTER KOTA SURAKARTA

Joko Yunianto Prihatin, Heri Kustanto

Abstract


Jenis Pengrajin mebel daerah Ngemplak merupakan pusat industri mebel didaerah Surakarta. Dengan melihat dan memperhatikan para pengrajin mebel tersebut pada saat mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan gergaji tangan kecil untuk membuat suatu pola yang berlubang yang sangat sulit dan membutuhkan tenaga ekstra besar. Tangan harus bergerak terus naik dan turun menggunakan gergaji tangan yang berbentuk huruf C dimana tangan satu harus menggerakkan bahan yang dipotong atau yang dibentuk lubang dan mengalami kesulitan pada saat mengerjakan pekerjaan tersebut. Kerja sama antar pengrajin dengan akademisi merumuskan dan dibuatlah suatu alat atau mesin untuk gergaji tangan menjadi gergaji mesin dengan sengkang gergaji dibuat panjang sehingga mampu mengerjakan pekerjaan yang bertambah lebar, lengan gergaji tersebut digerakkan oleh nok atau poros yang oval sehingga akan mudah dalam gerakan naik dan turun pengganti gerakan tangan saat naik turun. Poros tersebut digerakkan oleh motor sehingga tidak butuh tenaga manusia untuk menggerakan naik turun tersebut, tangan tinggal menggerakan bahan yang akan dikerjakan atau yang akan dilubang sesuai dengan pola. Dengan adanya inovasi mesin gergaji tersebut mampu membantu proses produksi para pengarajin mebel didaerah Surakarta bagian timur khususnya dan pengrajin mebel seluruh indonesia pada umumnya. Dengan kelancaran proses produksi tersebut sehingga mampu menambah hasil produksi dan secara otomatis dapat menambah penghasilan mereka dan menambah kesejahteraan kehidupan para pengrajin mebel tersebut.


Keywords


gergaji; mebel; pengrajin

Full Text:

PDF

References


Kusuma, S. S., Subiyanto, B and Massijaya, M. Y. (2011). Optimizing Of Composite Board Production Made From Wood Waste And Bamboo. Widyariset, Vol 14(2), pp. 415-422.

Niemann G, (1998), Elemen Mesin, jilid 1, Jakata, Erlangga

Sari, Herlina, N dan Yudhyadi, I. G. N. K. (2013). Karakteristik Kekuatan Bending Kayu Komposit Polyester Diperkuat Serat Pandan Wangi dengan Filler Serbuk Gergaji Kayu. Jurnal Energi dan Manufaktur vol 6(2).

Shigley JE, Larry DM, (2005), Perencanaan Teknik Mesin, edisi keempat, Jakarta, penerbit Erlangga Sularso, Kiyokatsu Suga, (1999), Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta, Pradya Paramita

Teguh Baroto, (2002), Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta, Ghalia Indonesia,

Ulrich dan Eppinger (2004), Design Product and Development, Second Edition, Prentice Hall International


Refbacks

  • There are currently no refbacks.