PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK PADA PT BUKIT MURIA JAYA

Ricky Irawan, Wina Witanti, Fajri R Umbara

Abstract


PT. Bukit Muria Jaya (BMJ) merupakan perusahan yang bergerak dibidang industri salah satunya adalah perusahaan yang memproduksi kertas rokok, kotak kemasan untuk produk rokok, makanan, produk laminating paper. Perusahaan telah melihat perkembangan teknologi informasi semakin cepat mendorong perusahaan untuk menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok. Permasalahan yang sering terjadi pada PT. BMJ yaitu hasil dari wawancara secara langsung ke bagian Kepala Gudang dan Koordinator Produksi, masalah utama yang terdapat pada bagian gudang yaitu pengelolaan data pada Koordinator Produksi dan gudang, dimana perhitungan untuk pembuatan produk yang dihitung dengan cara satu per satu dari setiap bahan baku, sehingga proses pembuatan produk pun terhambat karena memakan banyak waktu dalam perhitungannya dan kemungkinan besar ada kesalahan dalam perhitungannya bila menghitung produk dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan pembangunan sistem informasi manajemen rantai pasok bahan baku kertas untuk mengatasi masalah tersebut yang dapat menghasilkan informasi untuk mengambil keputusan. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara, selain itu metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall. Pembangunan sistem yang akan dilakukan berbasis web dengan data yang saling terintegrasi menghasilkan laporan yang berguna untuk pihak gudang dan bagian produksi.

Keywords


Manajemen Rantai Pasok; PT. Bukit Muria Jaya; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


A. U. Tamu Ama, E. Sediyono and A. Setiawan, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara," Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen, vol. 8, pp. 23-32, 2014.

A. Widyarto, "Peran Supply Chain Management dalam Sistem Produksi dan Operasi Perusahaan," Manajemen dan Bisnis, Vols. 16, No 2, pp. 91-98, 2012.

D. Purbohadi, W. H. Putri and R. Setiahadi, "Pengembangan Sistem Informasi Produksi dan Legalitas Kayu Untuk Mendukung Pemberlakuan SVLK," Semnas, ISBN 978-602- 73690-3-0, pp. 456-460, 2015.

Kusumawati, T. J., & Wulandari. (2016). Prototipe Sistem Perencanaan Produksi pada Industri Manufaktur dengan Pendekatan E-SCM dan Semantic Web, Berbasis Code Igniter dan Responsive Design : Studi Kasus PT. Argo Pantes, Tbk. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, II(2), 138-149

M. A. B. Yuwono and A. S. Riyadi, "Proses Produksi dan Pengendalian Kualitas Produksi

Cat Plastic Coating Di PT Propan Raya ICC," PASTI, Vols. 9, No 2, p. 193 – 202, 2013.

N. and M. M. Noor, "Perancangan Integrasi Sistem Supply Chain Management Produksi di PT Pustaka Imam Syafii," CommIT, Vols. 4, No. 2, pp. 103 - 108, 2010.

P. O. Talumewo, L. Kawet and J. Pondaag, "Analisis Rantai Pasok Ketersediaan Bahan Baku

di Industri Jasa Makanan Cepat Saji Pada KFC Multimart Ranotana," EMBA, Vols. 2 No.3, ISSN 2303-1174, pp. 1584-1591, 2014.

R. Afrinando, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Minyak Sawit Mentah Berbasis GIS," Optimasi Sistem Industri, Vols. 11, No.2, pp. 253-264, 2012.

R. Hidayat, W. Witanti and F. R. Umbara, "Pembangunan Sistem Informasi Inventory Management pada CV. Sumber Tani - Cirebon," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 73-78, 2018.

W. H. J. and A. Prima, "Pengembangan Sistem Informasi Produksi pada Nikko Bakery," JSM, Vols. 16, No. 2, ISSN. 1412-0100, pp. 165-174, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.