PENGEMBANGAN E-HEALTH BERBASIS ANDROID SEBAGAI SISTEM LAYANAN KESEHATAN YANG EFEKTIF, EFISIEN, MANUSIAWI, ADIL TANPA DISKRIMINASI

Ign. F. Bayu Andoro S, Regnata Revi Fayola, Slamet Joko Prasetiono

Abstract


Permasalahan di masyarakat yang banyak dijumpai, terkait dengan pelayanan kesehatan adalah seperti lamanya waktu yang dihabiskan pasien untuk menunggu giliran diperiksa, sampai masalah tidak lengkapnya data rujukan, sehingga pasien harus melakukan pemeriksaan ulang. Bahkan dalam kondisi sakit, pasien diharuskan membawa-bawa berkas untuk diserahkan ke petugas laboratorium dan kemudian hasil uji laboratoriumnya diserahkan kembali ke dokter. Hal ini merupakan wujud layanan kesehatan yang tidak efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan layanan kesehatan tersebut, peneliti menganggap perlu dibangun sebuah sistem layanan kesehatan yang mensinergikan antara dokter, pasien, laboratorium, apotik dan klinik kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall. Identifikasi masalah dilakukan dengan cara wawancara, menyebarkan kuesioner dan observasi lapangan. Setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian diperoleh hasil bahwa sistem eHealth ini mampu meringankan pasien penderita untuk memperoleh layanan kesehatan yang efektif, efisien, manusiawi, adil dan tanpa deskriminatif.

Keywords


E-Health; Os Android; Sistem Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., Roslina, M. S., and Omardin, A. M. (2010). “E-Appointment Scheduling

(EAS)”. International Journal of Computer, Electrical, Automation, Control and

Information Engineering Vol:4, No:2.

Dennis, A., Wixom, B. H., and Roth, R. M. (2003). Systems Analysis and Design. 5th

Edition, John Wiley & Sons Inc.

Kristianto, Edy. "E-Health Di Indonesia." Teknik dan Ilmu Komputer 2.6 (2013).

Khairan, Amal, Mohamad Jamil, and Achmad Fuad. "Integrasi Teknologi Cloud Computing

Berbasis Jejaring Sosial Pada Aplikasi Telemedicine Untuk Menunjang Pelayanan

Kesehatan Masyarakat." Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan

Implementasi 5.2 (2014): 131-143.

Lestari, Weny. "Telemedik: Sarana Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dengan Teknologi

Informasi." Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 11.3 Jul (2008).

Supriyatno, Achmat, Muchammad Romzi, and Universitas Indonusa Esa Unggul. "EHealth Solusi Enterprise Bidang Kesehatan Berbasiskan Open Source." Universitas

Indonesia Esa Unggul (2006).

Widayati, Aris. "Swamedikasi di Kalangan Masyarakat Perkotaan di Kota Yogyakarta."

Jurnal Farmasi Klinik Indonesia (2012).

Wahab, A. H. Mohd, Hasan, N., Zaidah, Wali. Mohd., and Hanafi, F. H. (2009). “Web

Based Intelligent Appointment System”. Seminar Kebangsaan E-Komuniti 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.