KNOWLEDGES MAPPING PROGRAM STUDI INFORMATIKA SEBAGAI KAJIAN AWAL IDENTIFIKASI KNOWLEDGE MANAGEMENT

Retnani Latifah, Yana Adharani

Abstract


Pengetahuan merupakan aset penting dalam suatu organisasi. Manajemen pengetahuan (Knowledge management/ KM) pada perguruan tinggi sangat dibutuhkan sebagai dasar dalam menentukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan dan merumuskan suatu kebijakan. Penerapan manajemen pengetahuan di Program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ) masih belum maksimal dan belum dikelola dengan baik, dimana sharing pengetahuan masih terbatas pada kebijakan program studi. Disamping itu pendokumentasian pengetahuan masih belum menyeluruh dan belum tersusun dengan baik sehingga mengakibatkan proses perolehan data, informasi dan pengetahuan menjadi lama dan terkadang mengalami kehilangan. Untuk mengatasi hal tersebut, pada penelitian ini dibuat peta pengetahuan yang ada di Prodi Informatika UMJ. Informasi pengetahuan diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 68 responden yang terdiri dari dosen, staf karyawan dan mahasiswa Prodi Teknik Informatika UMJ. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum peta pengetahuan di Prodi Informatika UMJ dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu pengetahuan utama dan pengetahuan penunjang. Pengetahuan utama terdiri dari perkuliahan, laboratorium, organiasasi, serta penelitian dan pengabdian masyarakat. Sementara itu pengetahuan penunjang terdiri dari informasi, soft skill, dan Al-Islam. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa 22% responden menemukan pengetahuan baru dari membaca pustaka dan browsing di internet, 8% menemukan pengetahuan baru dari mengikuti seminar/workshop/pelatihan dan 42% responden mendapatkan pengetahuan dari proses belajar-mengajar serta diskusi dengan teman/dosen/pakar. Adapun sisanya menemukan pengetahuan dari berlatih, mencoba, keingintahuan, observasi dan studi banding. Proses sharing pengetahuan bukan hanya dilakukan pada saat menemukan pengetahuan baru tetapi juga dilakukan pada saat ingin memperbarui (update) pengetahuan yang diperoleh. 80% responden melakukan update pengetahuan dengan cara mempelajari sendiri dari pustaka maupun melalui artikel internet, video youtube dan inisiatif bertanya.

Keywords


Manajemen Pengetahuan; Pengetahuan; Pemetaan Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Andreeva, T., & Kianto, A. (2012). Does knowledge management really matter? Linking knowledge management practices, competitiveness and economic performance.

Journal of Knowledge Management.

Bercerra, F., & Sabherwal, R. (2004). Knowledge Management System and Process. Upper Saddle River, New Jersey: M.E. Sharp, Inc.

Balaid, A. S., Zibarzani, M., & Rozan, M. (2013). A Comprehensive Review of Knowledge Mapping Techniques. Journal of Information Systems Research and Innovation, 71-76.

Jafari, M., Akhavan, P., Bourouni, A., & Amiri, R. H. (2009). A Framework for The Selection of Knowledge Mapping Technique. Journal of Knowledge Management Practice.

Krbalek, P., & Vacek, M. (2011). Collaborative Knowledge Mapping. International Conference on Knowledge Management and Knowledge Technologies. Austria.

Mathew, A. O., Alapati, V., & Rodrigues, L. L. (2012). Human Factors & Knowledge Management : A System Dynamics Based Analysis. Journal of Knowledge Management Practice.

Metayong, Sureena; Mahmood, Ahmad Kamil;. (2013). The review od approaches to knowledge management studies. Journal of Knowledge Management.

Nuryasin, I., Prayudi, Y., & Dirgahayu, T. (2013). Prototype of Knowledge Management

System for Higher Education Institution in Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, (pp. 6-12). Yogyakarta.

Plumley, D. (2013). Process-Based Knowledge Mapping.

Saaty, T. L. (2008). Decision Making with The Analytic Hierarchy Process. International Journal of Service Science.

Savitri, F., Sahiraliani, D., & Yakushna, R. (2013). Knowledge Management Implementation

Within The Higher Education Institutions in Bandung, Indonesia's City Of Education.

South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law.

USAID. (2003). Knowledge Mapping, Knowledge Creat. American Productivity Quality.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.