KATALIS GRANULE CU-SiO2-C GUNA MEREDUKSI GAS BUANG CO PADA KENDARAAN BERBAHAN BAKAR GASOLIN DAN ETHANOL

Arif Setyo Nugroho, Arif Hidayat Purnomo

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mereduksi emisis CO dengan dua metode. Metode pertama dengan pencampuran bahan bakar antara bahan bakar fosil dicampura dengan bahan bakar nabati. Pada penelitain ini, bensin dicampur dengan etanol dengan pencampuran 20% menjadi bahan bakar motor 4 tak yang diuji dengan wide open throttle (WOT). Data yang diambil adalah emisi pada putaran motor selama pengujian. Nilai CO tanpa katalis terendah di RPM 9000 yaitu 3.35. Campuran Bensin + Ethanol 20 % volume , semakin tinggi RPM kadar CO semakin rendah, Penggunakan katalis CU 20 % + karbon aktif 10 % + tanah liat 40% + ZSM-5 10 % dapat mereduksi CO, semakin tinggi RPM semakin kecil nilai CO, untuk bahan bakar bensin maupun campuran bensin + ethanol 20% volume. Penggunakan katalis CU 20 % + SiO2 20% + karbon aktif 10 % + tanah liat 40% + ZSM-5 10 % dapat mereduksi CO, semakin tinggi RPM semakin kecil nilai CO, untuk bahan bakar bensin maupun campuran bensin + ethanol 20% volume. Adsorb CO paling efektif adalah katalis CU 20 % + SiO2 20% + karbon aktif 10 % + tanah liat 40% + ZSM-5 10 % nilai CO terkecil 0.16 di RPM 9000.

Keywords


Emisi; Ethanol; Karbon Monoksida (Co); Tembaga

Full Text:

PDF

References


Amanda Alves Martins, Anderson Dias Rocha Rodrigo, and Ricardo Sodré José, "Cold Start

and Full Cycle Emissions from A Flexible Fuel Vehicle Operating with Natural Gas,

Ethanol and Gasoline," Journal of Natural Gas Science and Engineering, vol. 17, pp.

–98, 2014.

Arif Setyo Nugroho,Thoharudin, 2018, Reduction of CO and HC Emission on ZSM -5

catalist Suported on Activated Catalyst Supported On Activated Carbonin Motor

Cycle Fueled Gasoline – ethanol Blends, Journal Enginering And Aplied Science (11),

-1200

L. Randazzo Mário and R. Sodré José , "Exhaust Emissions from A Diesel Powered Vehicle

Fuelled by Soybean Biodiesel Blends (B3–B20) with Ethanol as an Additive (B20E2–

B20E5)," Fuel, vol. 90, pp. 98–103, 2011.

Rido Manunggal and Warju, "Pengarug Penggunaan Metallic Catalytic Converter Berbahan

Tembaga dan Aplikasi Teknologi SASS Terhadap Performa Sepeda Motor Honda

New Mega Pro," Jurnal Teknik Mesin, vol. 01, pp. 110-115 , 2013.

R.T Yang, Adsorbent: Fundamental and Application.: John Welly & Sons, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.