GAME PERISTIWA PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945 MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DAN FISHER YATES

Faza Adhzima, Febri Maspiyanti, Adi Wahyu Pribadi

Abstract


Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia sehingga dianggap perlu terus diingat dan dipelajari oleh penerus bangsa. Hal ini menjadikan peristiwa Proklamasi dicantumkan dalam mata pelajaran siswa Sekolah Dasar. Dengan seiring perkembangan teknologi dan artificial intelligence, peristiwa bersejarah ini dianggap perlu dikemas dalam bentuk Game yang sudah pasti disukai oleh semua kalangan. Dalam penelitian ini, kami membangun sebuah Game Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 dengan menggunakan Logika Fuzzy dan Fisher Yates untuk menambahkan tantangan dan unsur cerdas pada respon karakter Game tanpa merubah plot peristiwa Proklamasi yang sebenarnya. Plot pada Game yang kami bangun telah disesuaikan dengan plot serta karakter-karakter terkait peristiwa sejarah yang sebenar-benarnya agar tidak menyimpang dari buku teks pelajaran sejarah. Dari survey yang telah kami lakukan, rata-rata 81% partisipan menganggap bahwa penambahan unsur Artificial Intelligence membuat Game lebih menantang.

Keywords


Edukasi; Fisher Yates; Game; Logika Fuzzy; Proklamasi; Sejarah

Full Text:

PDF

References


Ariz, Andrianto, (2014), Game Edukasi Sang Pejuang Sebagai Media Pembelajaran Sejarah

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang.

Brian, Schwab, (2009), AI Game Engine Programming, Delmar.

Creighton. Ryan Henson, (2010), Unity 3D Game Development by Example Beginner's

Guide. UK: Packt Publishing Ltd.

Darmawan, Deni, (2013), Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Henry, Samuel, (2010), Cerdas dengan Game Panduan Praktis bagi Orangtua dalam

Mendampingi Anak Bermain Game. Yogyakarta: Kompas Gramedia.

Kisty, Nanda Putri Tyas, (2016), Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif

Proklamasi (Gec) Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs5 untuk Siswa Kelas V

Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang.

Nilwan, Agustinus, (1995), Pemrograman Animasi dan Game Profesional, Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Oxland, Kevin, (2004), Gameplay and Design. England: Addison Wesley.

Rosa, (2011), Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi

Objek), Bandung: Modula.

Rosa, (2013), Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung:

Informatika.

Russel, Norvig, (1995), Artificial Intelligence A Modern Approach,Pearson Education.

Sarlin Laidat, dkk, (2017), Peningkatan Pemahaman Proklamasi Kemerdekaan Republik

Indonesia melalui Mind Mapping pada Sekolah Dasar, Didaktika Dwija Indira.

Setiyo, Budi, (2017), Meningkatkan Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Siswa Materi

Peristiwa Sekitar Proklamasi Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Di Kelas V Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah

Purwokerto.

Suryo, Arifin, dkk, (2011), Detik-detik Proklamasi. Yogyakarta: Narasi.

Unity3d. www.docs.unity3d.com/Manual/index.html. Diakses 15 Agustus, jam 06.30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.