PENGARUH SYARIAH MARKETING ENTERPRISE TERHADAP KEPUASAN NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL DI KABUPATEN KUDUS

Rozaq Muhammad Yasin, Keke Tamara Fahira

Abstract


Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di lingkungan masyarakat terutama di daerah pinggiranmenjadikan akses permodalan usaha kecil lebih mudah, terjangkau dan umumnya nasabah sudah kenal dekatdengan pegawainya. Prinsip sharia marketing enterprise menjadi salah satu pendekatan pemasaran yangdilakukan oleh BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sharia marketing enterpriseterhadap kepuasan nasabah BMT di Kabupaten Kudus. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkepada 100 responden nasabah BMT di Kabupaten Kudus. Teknik purposive sampling digunakan dengankriteria telah menjadi nasabah lebih dari 1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sharia marketingenterprise yang diproksikan dengan inspirasi, budaya kerja Islami dan institusi yang adil berpengaruhsignifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah BMT di Kabupaten Kudus. Hasil pengujian koefisiendeterminasi (R2 ) juga menunjukkan adanya pengaruh bersama dan juga dampak yang diberikan olehpenerapan prinsip shariah marketing enterprise terhadap kepuasan nasabah sebesar 87,5%, sedangkansisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pengelola BMT perlu memperhatikan dan melaksanakan prinsipsyariah marketing enterprise dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah penghimpunan dana maupunpenyaluran dananya.

Keywords


BMT, kepuasan nasabah, koperasi, sharia marketing enterprise

Full Text:

PDF

References


S. H. Permana and M. A. Adhiem. 2019. “Strategi Pengembangan Baitul Mal Wattamwil

Sebagai Sumber Pembiayaan Alternatif Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah”. Kajian,

vol. 24, no. 2, pp. 103–112.

Humas Kementerian Koperasi dan UKM, “Press Release: Menteri Teten Minta BMT

Mampu Manfaatkan Tingginya Potensi Pasar Keuangan Syariah,” Jakarta, 2021.

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. 2019. “Sharing Platform Keuangan

Mikro Syariah Berbasis Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)”.

A. Perdana, A. Hamid, and A. Arqam. 2019. “Implementasi Marketing Mix Dalam

Tabungan Barata IB Bank BTN Syariah KCPS Parepare”. BANCO J. Manaj. dan Perbank.

Syariah, vol. 1, no. 1, pp. 93–115. doi: 10.35905/banco.v1i1.703.

H. Kertajaya and M. S. Syula. 2006. "Syariah Marketing". 3rd ed. Bandung: PT. Mizan

Pustaka.

N. I. Febriana. 2016. “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah

Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung,” An-Nisbah J.

Ekon. Syariah, vol. 3, no. 1, doi: 10.21274/an.2016.3.1.145-168.

I. Istiqomah, R. A. Mulyawisdawati, and M. Meriyati. 2021. “the Implementation of

Sharia Marketing To Increase Customer Satisfaction At Muamalat Bank of Bantul Branch

Office,” Islam. Bank. J. Pemikir. dan Pengemb. Perbank. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 179–

doi: 10.36908/isbank.v6i2.166.

P. Kotler and K. L. Keller. 2016. "Marketing Management". 15th Editi. New Jersey:

Pearson Pretice Hall, Inc.

A. Japlani, F. Fitriani, and S. Mudawamah. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan,

Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Cabang Bmt Fajar Metro Pusat,” Fidusia

J. Keuang. Dan Perbank., vol. 3, no. 1, pp. 67–85. doi: 10.24127/jf.v3i1.469.

M. Z. A. Muctharom. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Murabahah, Harga, dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Maal Wat Tamwil Nurul Ummah

Ngasem Bojonegoro” J. Sharia Econ., vol. 1, no. 1, pp. 41–54.

Nisa, Khoirun. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah

BMT UGT Sidogiri Cabang Bangkalan,” J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 3, pp. 180–

doi: 10.26740/jekobi.v3n3.p180-187.

M. Efendi and R. Gunaningrat. 2021. “Kepuasan Nasabah dan Kualitas Layanan BMT

Berkah Mandiri Terpercaya,” Semin. Nas. CALL Pap. HUBISINTEK 2021, pp. 437–450.

A. Rahmawaty. 2018. “The Role of Sharia Marketing in Increasing Customer Loyalty (An

Empirical Study of BMT in Kudus Regency),” Iqtishadia, vol. 11, no. 2, p. 285. doi:

21043/iqtishadia.v11i2.3728.

B. R. Sari. 2018. “Implementasi syariah marketing dalam meningkatkan premi di PT.

Asuransi Takaful Keluarga Surabaya,” pp. 61–102.

P. D. Cahyani and R. F. Utami. 2018. “Implementation of Sharia Value and Marketing on

Customer Satisfaction in Local Sharia Development Bank of Jateng,” Int. J. Islam. Bus.

Econ., p. 137. doi: 10.28918/ijibec.v2i2.1383.

S. Famiyeh, D. Asante-Darko, and A. Kwarteng. 2018. “Service quality, customer

satisfaction, and loyalty in the banking sector: The moderating role of organizational

culture,” Int. J. Qual. Reliab. Manag., vol. 35, no. 8, pp. 1546–1567. doi: 10.1108/IJQRM-

-2017-0008.

D. Y. Kefi, M. B. Ringga, and P. Seran. 2022. “The Impact of Financial Transparency

Perception to Public Participation with Satisfaction as Mediation on Taneon Funan

Bumdes in Oben Village Nekamese Sub-District,” Proc. Int. Conf. Appl. Sci. Technol. Soc.

Sci. 2021 (iCAST-SS 2021), vol. 647, pp. 283–288. doi: 10.2991/assehr.k.220301.047.

A. S. Al-Kubisi. 2020. “Measuring Citizens Satisfaction of E-Government and

Transparency in the State of Qatar,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 5, no. 10, pp.

–314. [Online]. Available: http://qspace.qu.edu.qa/handle/10576/18491.

N. Ain, M. Hasan, and B. Rosmiza. 2018. “Job Satisfaction Among Bank Employees: An

Investigation Of Public Banking Institution In Malaysia: Antecedents and consequences of

corporate identity management in the Malaysian halal industry View project.”[Online].

Available: https://www.researchgate.net/publication/327020121


Refbacks

  • There are currently no refbacks.