PENINGKATAN DAYA SAING GLOBAL UMKM DENGAN GUSJIGANG SEBAGAI BASIS KEARIFAN LOKAL

Andi Sunyoto

Abstract


Keanekaragaman budaya, kekayaan alam, tempat wisata, masakan dan minuman tradisionalyang terbentang di bumi nusantara ini cukup banyak dan beragam. Keberagaman ini merupakanpotensi besar dan pembangunan ekonomi di Indonesia ini dan jika dikelola dengan baik akanmeningkatkan perekonomian terutama apabila dikelola dengan baik oleh UMKM yang ada di daerahtersebut. Oleh karena itu perlu didorong peningkatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah(UMKM) yang berbasis pada kearifan lokal bangsa Indonesia melalui peningkatan kemampuansumber daya manusianya selalu penggerak utama UMKM. Salah satu kearifan lokal yang ada diKudus adalah GUSJIGANG. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan GUSJIGANG dalamUMKM dan semangat GUSJIGANG diaplikasikan sehingga dapat meningkatkan daya saingUMKM. Penlitian ini diharapkan dapat membuktikan bahwa GUSJIGANG sebagai salah satukearifan lokal mampu diterapkan dalam UMKM dan dapat meningkatkan daya saing UMKM dipasar Global.

Keywords


UMKM, Daya Saing, Kearifan Lokal, GUSJIGANG.

Full Text:

PDF

References


Chariri, A. (2009), Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Sosial dan

Ilmu Politik, Jakrta: Universitas Indonesia.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Universitas Islam

Negeri (UIN).

Frinces, Z. Heflin. (2011). Manajemen SDM: Kiat Memenangkan Persaingan Global. Yogyakarta:

Gradasi Media.

Michael E. Porter. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan

Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Kharisma Publishing.

Solichin Salam, (2006). Ja’far Shadiq : Sunan Kudus. Kudus: Menara Kudus.

Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta:

LP3ES.

Wibowo, Agus. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.