KESADARAN MEREK : PERSEPSI KEMANFAATAN DAN DAYA TARIK PROMOSI

Dina Lusianti, Dhaifina Idznitia, Apriyani Naimi

Abstract


Kemampuan suatu usaha mikro, kecil, dan menengah untuk bertahan di persaingan industri menjadisebuah tantangan besar. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengahadalah dengan membangun kesadaran merek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yangdapat mempengaruhi kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menggali informasi dari100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan dan daya tarik promosi baiksecara simultan maupun parsial berpengaruh positif terhadap kesadaran merek. Dari hasil ini, diharapkanPelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dapat memahami kebutuhan sekaligus keinginan dari konsumenagar terpenuhi nilai manfaat sesuai yang diharapkan. Lebih dari itu, perlu dilakukan promosi yang menarikmelalui media sosial seperti Instagram dan Tiktok.

Keywords


kesadaran merek, persepsi kemanfaatan, promosi

Full Text:

PDF

References


Pudyastuti, Esty dan Ahmad Saputra, 2021. Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro

Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan di Masa Pandemi Covid 19. INOBIS ; Vol 04 No 03

Hal 437 – 449

Sari,Sofi Maya dkk, 2020. Determinants of MSME’s Competitive Advantage : Do Digital Competency

and Entrepreneurial Orientation Matter ?. AdBispreneur. Vol 5 No 1 Hal 63 – 72

Putra, Afif Raihan Andika dan Mudiantono, 2014. Analisis Penagruh Daya Tarik Pesan Iklan, Persepsi

Kemanfaatan, Citra Merek pada Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Awareness (Studi

Kasus pada Media Sosial Twitter @infoUNDIP atau Info Undip Mesia. Diponegoro Journal of

Management. Vol 3 No 3 Hal 1-12

Herdana, Auditya. 2015. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk

Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis

dan Manajemen Vol 3 No 1 Hal 1-18

Wardi, Y. 2017. Orientasi Kewirausahaan pada KInerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera

Barat : Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Jurnal

Manajemen Vol 16 No 1, Hal 46-61

Edris, Mochammad, dkk. 2017. KInerja UMKM Tenant Inkubator Bisnis Universitas Muria Kudus

Berdasarkan Implementasi E- Marketing. Prosiding SNATIF 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.