KETERAMPILAN PROSES MAHASISWA PGSD DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI COURSE REVIEW HORAY SECARA DARING

Denni Agung Santoso, Fitriyah Amaliyah

Abstract


Keterampilan proses adalah salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran.Keterampilan ini menjadi lebih penting bagi guru/ calon guru untuk menularkannya kepadasiswanya. Mahasiswa menjalani pembelajaran secara daring sejak pandemi dimulai. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses mahasiswa PGSD setelah dilakukanpembelajaran kooperatif dengan strategi course review horay,. Subyek penelitian ini adalahmahasiswa PGSD semester 6 dengan variabel yang diteliti adalah keterampilan proses. Penelitianini dilakukan secara quasi experiment dengan desain one group pretest- posttest. Dari hasil penelitiandidapatkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses mahasiswa PGSD setelah dilakukanpembelajaran kooperatif dengan strategi course review horay dengan nilai signifikansi = 0,000.Dengan kata lain pembelajaran kooperatif dengan strategi course review horay dapat meningkatkanketerampilan proses mahasiswa PGSD

Keywords


keterampilan proses, pembelajaran kooperatif, course review horay.

Full Text:

PDF

References


A. Jansen, Rough draft math: Revising to learn. Stenhouse Publishers, 2020.

H. M. Thuneberg, H. S. Salmi, and F. X. Bogner, “How creativity, autonomy and visual

reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math

module,” Think. Ski. Creat., vol. 29, pp. 153–160, 2018.

M. T. Lo and J. L. Ruef, “Student or Teacher? A Look at How Students Facilitate Public

Sensemaking during Collaborative Groupwork.,” J. Urban Math. Educ., vol. 13, no. 1, pp.

–33, 2020.

K. V Pantaleon, D. Juniati, A. Lukito, and K. Mandur, “The written mathematical

communication profile of prospective math teacher in mathematical proving,” in Journal

of Physics: Conference Series, 2018, vol. 947, no. 1, p. 12070.

L. A. Shepard, “Learning progressions as tools for assessment and learning,” Appl. Meas.

Educ., vol. 31, no. 2, pp. 165–174, 2018.

N. Aminah and S. Firmasari, “Keterampilan Proses Berfikir Matematika Mahasiswa

Ditinjau dari Performance Assessment,” Euclid, vol. 3, no. 2, 2017.

H. Ulya and R. Rahayu, “Hubungan Keterampilan Proses Berpikir Matematis dengan

Hasil Belajar Mahasiswa,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp.

–272, 2021.

E. Eliyana, “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan

Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19,” EDUPROXIMA

J. Ilm. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, pp. 87–100, 2020.

I. D. Ritonga, “Analisis Pembelajaran Daring Dalam Menumbuhkan Keterampilan Proses

Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Simangumban,” Universitas

Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020.

M. Syazali, A. N. Rahmatih, and N. Nursaptini, “Profil keterampilan proses sains

mahasiswa melalui implementasi SPADA Unram,” J. Pijar MIPA, vol. 16, no. 1, pp. 103–112, 2021.

S. Eliyah, I. Isnani, and W. B. Utami, “Keefektifan model pembelajaran course review

horay berbantuan power point terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar,” J. Edukasi

dan Sains Mat., vol. 4, no. 2, pp. 131–140, 2018.

A. Shoimin, “68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013,” 2021.

F. B. Mutiara, H. Komikesari, and N. Asiah, “Efektivitas model kooperatif tipe Course

Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar fisika siswa,” Indones. J. Sci. Math. Educ.,

vol. 2, no. 1, pp. 116–122, 2019.

J. Rogers and A. Revesz, “Experimental and quasi-experimental designs,” in The

Routledge handbook of research methods in applied linguistics, Routledge, 2019, pp. 133–

S. Aslan and B. Aybek, “Testing the Effectiveness of Interdisciplinary Curriculum-Based

Multicultural Education on Tolerance and Critical Thinking Skill.,” Int. J. Educ.

Methodol., vol. 6, no. 1, pp. 43–55, 2020.

F. Novianty, “Analisis aktivitas belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe course review

horay pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan,” Sos. Horiz. J. Pendidik. Sos., vol.

, no. 1, pp. 11–20, 2017.

D. Rohaniawati, “Penerapan pendekatan pakem untuk meningkatkan keterampilan berpikir

mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian guru,” J. Kegur. dan Ilmu

Tarb., vol. 1, no. 2, pp. 155–172, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.