RESILIENSI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SALAFIYAH

Rismiyanto Rismiyanto, Muh Shofiyuddin

Abstract


Pembelajaran mata pelajaran umum non-keagaman, terutama Bahasa Inggris, di lembagapendidikan Islam salafiyah, bisa dikatakan memiliki dinamika suka duka yang cukup serupa diantara Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang merupakan jenjang Pendidikandi dalamnya. Guru-guru bahasa Inggris mendapatkan pengalaman tersendiri dalam melaksanakanpembelajaran. Pengalaman tersebut lebih cenderung merupakan kesulitan dalam melaksanakanpembelajaran bahasa Inggris dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya adalah adanya semacamprinsip pemahaman yang mengatakan bahwa Bahasa Inggris ora dadi pitakon kubur. Artikel inibertujuan untuk mengetahui persepsi beberapa guru-guru bahasa Inggris MTs dan MA di KabupatenKudus tentang pengalaman mereka dalam mengelola pembelajaran bahasa Inggris dengan kesulitandan cara mengantisipasi kesulitan tersebut. Dengan metode penelitian kualitatif, artikel ini berbasispenelitian yang menggunakan instrumen angket. Sebagai hasil penelitian, artikel ini memberikandeskripsi persepsi guru-guru bahasa Inggris di MTs dan MA salaf tentang pengalaman dalammengantisipasi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris di pembaga pendidikansemacam itu.

Keywords


resiliensi, bahasa Inggris, lembaga pendidikan Islam salaf.

Full Text:

PDF

References


Emispendis.kemenag.go.id. (2019). Rekapitulasi data Pokok Pendidikan Islam Madrasah.

Diakses pada 6 Juni 2022, dari http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=datastatistik&action=kab&prov=33&kab=19

Shofiyuddin, Muh. (2015). Improving Students’ Grammar Mastery by Using Aralish Contrastive

Analysis.(Thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta) diakses pada 6 Juni 2022 dari

https://eprints.uns.ac.id/21021/

Prihastuti. 2011. “Profil Resiliensi Pendidik Berdasarkan Resilience Quetient Test”. Jurnal

penelitian dan evaluasi pendidikan. 15.2, 199-214

.

Yuniarsih, Nia. 2021. Resiliensi Pelajar Terhadap Metode Pembelajaran Daring pada Masa

Pandemi Covid 19 di Desa Sukaluyu Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang.

Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-1. Universitas Buana Perjuangan.

Karawang. 25 Februari 2021. Hal. 335-343

Oktradiksa. Ahwy., Siti. Irene A.D., dan Rukiyati. 2020. Kajian Resilience sebagai Dampak

Kebijakan Zonasi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyatuna. 11.1, 11-22

Pragholapati, A. (2020). Resiliensi pada Kondisi Wabah Covid-19. Department of Nursing,

Faculty of Sport Education and Health, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.