PELAKSANAAN PROGRAM PERJALANAN LUAR NEGERI DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA: SEBUAH REFLEKSI SEBELUM PANDEMI COVID-19

Muh Syafei

Abstract


Makalah ini menyajikan refleksi singkat pelaksanaan mata kuliah Penguatan Soft Skills diProgram Studi Pendidkan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muria Kudus sebelum pandemi Covid-19. Kajian ini berdasarkan dokumentasi portofolio tugas akhir mata kuliah. Dengan narrativeanalysis, makalah ini menjawab masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perjalanan ke luar negeridilaksanakan untuk membina soft skills mahasiswa, (2) Bagaimana persepsi mahasiswa tentangperjalanan ke luar negeri terkait dengan kemampuan komunikasi berbahasa Inggris? Programperjalanan luar negeri yang terdiri dari program sebelum keberangkatan, selama program dansetelah program dalam kegiatan kelompok, kegiatan individu, dan pelaporan, menunjukkanbahwa program tersebut sangat berguna dalam memperkuat soft skills. Program tersebut jugamemperkuat kemampuan mahasiswa dalam berkomuniksi berbahasa Inggris dalam situasi nyata.Hasil kajian ini diharapkan mampu menjadi referensi untuk kegiatan yang serupa pada masa pascapandemi Covid-19 yang akan datang.

Keywords


perjalanan luar negeri mahasiswa, soft skills, kemampuan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Davies, Leah. (2010). 52 Character Building Thoughts for Children. At

(http://www.kellybear.com/teacherarticles/TeacherTip52.html) 18 Juli 2010.

Majid, Liming, Tong, dan Raihana. (2012). Importance of Soft Skills for Education and Career

Success. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), Special

Issue Volume 2 Issue 2, 2012 DOI: 10.20533/ijcdse.2042.6364.2012.0147

Megawangi, Ratna.( 2004). Pendidikan Karakter Bangsa. Solusi yang Tepat untuk Membangun

Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Putra, Ichsan S and Aryanti Pratiwi.( 2005). Sukses dengan Soft Skills. Bandung: Direktorat

Pendidikan Institut Teknologi Bandung. p 5.

Ramadhan, Lumbanraja, dan Sinulingga (2021). Analysis of the effect of competence and soft skill

on employee performance with job satisfaction as intervening variable at the regional social services

of South Tapanuli Regency, International Journal of Research and Review Vol.8; Issue: 8; August

DOI: https://doi.org/10.52403/ijrr.20210840

Scarinci, J dan Pearce, P. (2012).The perceived influence of travel experiences on learning

generic skills. Tourism Management 33 (2012) pp. 380-386 · April 2012

DOI::10.1016/j.tourman.2011.04.007

Syafei, M., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Pratama, H. (2021). Students’ Perception of the

Application of Portfolio Assessment during the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 5(7),

–70. https://doi.org/10.18502/kss.v5i7.9320.

Syafei, M. (2014). Enhancing students’ soft skills through PWP (pressure writing practice): a

reflection in a writing class. The third English Language Teaching, Literature, and Translation

(ELTLT) International Conference Proceeding of UNNES, Semarang, Indonesia. September

Avaiable from: http://eprints.umk.ac.id/4461/ 2/daftar_isi_prosiding_ELTLT_3.pdf

Syafei, M. (2008). Identifying Basic Personal Requirements of Human Resource in Global Job

Market: A Lexical Analysis of Job Vacancy Advertisements. The 2nd International Seminar On

Culture, English Language Teaching And Literature. Tanggal 16-17 Januari 2008 di Fakultas

Sastra, UNIKA Soegijapranata Semarang.

Vasanthakumari, S. (2019). Soft skills and its application in work place. World Journal of

Advanced Research and Reviews, 2019, 03(02), 066– 072.

https://doi.org/10.30574/wjarr.2019.3.2.0057

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. http://dikti.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2022/04/Panduan-PPK-Ormawa-2022.pdf

-------------. 2008. Panduan Penyusunan Proposal Program Pengembangan Soft Skills

(Ketrampilan Strategis) bagi Mahasiswa. Jakarta: Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti

Depdiknas RI. pp ii,ix-xi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.