HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN HARGA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA YANG BERORGANISASI

Zulistina Alif Hidayah, Fajar Kawuryan, Ridwan Budi Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan harga diridengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa yang berorganisasi. Subjek penelitian ini adalah80 mahasiswa yang aktif minimal 1 tahun di organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)Universitas Muria Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknikpurposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala komunikasiinterpersonal, skala kecerdasan emosi dan skala harga diri. Hasil analisis data dengan menggunakananalisis regresi program SPSS 15.0 for windows diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketigavariabel sebesar 0,394 dengan p sebesar 0,001 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikanantara kecerdasan emosi dan harga diri dengan komunikasi interpersonal. Dengan demikianhipotesis mayor dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara kecerdasan emosidengan komunikasi interpersonal sebesar 0,385 dengan signifikansi p 0,000 (p<0,01) ini berarti adahubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonalpada mahasiswa yang berorganisasi, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian iniditerima. Sedangkan koefisien korelasi antara harga diri dengan komunikasi interpersonal sebesar0,277 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,006 (p<0,01), hal ini berarti ada hubungan positif yangsangat signifikan antara harga diri dengan komunikasi interpersonal, dengan demikian hipotesisyang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabelterikat sebesar 15,5%, sedangkan 84,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu persepsiinterpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal, dan hubungan interpersonal.

Keywords


harga diri, kecerdasan emosi, komunikasi interpersonal, organisasi.

Full Text:

PDF

References


Alerson, L. (2017). Emotional Intelligence: Master Your Emotions to Improve Self Control, Self

Awareness and Mind Power. Effectively Managing Oneself and Managing People Will Allow You to

Achieve More. California: CreateSpace.

Beebe, S.A., Susan, J.B., & Mark, V.R. (2014). Interpersonal Communication Relating to Others.

London: Pearson Education Limited.

Braithwaite, D.O. & Schrodt, P. (2015). Engaging Theories in Interpersonal Communication Multiple

Perspectives 2nd Edition. California: SAGE Publication.

Branden, N. (2011). The Six Pillars of Self Esteem. New York: Bantam Books.

Fabio, A.D. (2011). Emotional Intelligence: New Perspetives and Application. Croatia: InTech.

Fujishin, R. (2012). Natural Bridges: A Guide to Interpersonal Communication. London: Routledge.

Floyd, K. (2017). Interpersonal Communication. New York: McGraw-Hill.

Gamble, T.S.K. & Gamble, M.W. (2014). Interpersonal Communication Building Connections

Together. California: SAGE Publication.

Ghufron, M.N. & Risnawita, R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Gracivia, L. (2020, September 16). Ospek Unesa, Senior Galak Soal Ikat Pinggang Berujung Viral.

CNN Indonesia.

Guindon, M.H. (2010). Self Esteem Across the Lifespan. New York: Routledge.

Hanani, S. (2017). Komunikasi Antarpribadi: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Joinson, A.N. (2004). “Self-esteem, Interpersonal Risk, and Preference for E-mail to Face-to-Face

Communication.” Cyber Psychology & Behavior 7. 4, 479 – 485.

Karyaningsih, P.D. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Lane, S.D. (2010). Interpersonal Communication Competence and Contexts 2nd Edition. London:

Pearson Education.

Lawrence, D. (2006). Enhancing Self Esteem in the Classroom 3rd edition. London: Paul Chapman

Publishing.

Matthews, G., Moshe, Z., & Richard, D.R. (2002). Emotional Intelligence: Science and Myth.

Cambridge: Massachusetts Institute of Technology.

McCornack, S. (2010). Refelct and Relate: An Introduction to Interpersonal Communication Second

Edition. Boston: Bedford/St. Martin’s.

McCornack, S. & Morrison, Kelly. (2019). Refelct and Relate: An Introduction to Interpersonal

Communication Fifth Edition. Boston: Bedford/St. Martin’s.

McPheat, S. (2010). Emotional Intelligence. MTD Training & Ventus Publishing ApS.

Mubarok & Andjani, M.D. (2014). Komunikasi Antarpribadi dalam Masyarakat Majemuk. Jakarta:

Dapur Buku.

Muhammad, A. (2004). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Depok: Rajawali Pers.

Panuju, R. (2001). Komunikasi Organisasi: dari Konseptual Teoritis ke Empirik. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Park, L.E., & Crocker, J. (2005). “Interpersonal Consequences of Seeking Self Esteem.” Society for

Personality and Social Psychology 31. 11, 1587-1598.

Pearson, J.C., et al. (2011). “The Influence of Biological Sex, Self Esteem, and Communication

Apprehension on Unwillingness to Communicate.” Atlantic Journal of Communication 19, 216 – 227.

Petrovici, A. & Dobrescu, T. (2013). “The Role of Emotional Intelligence in Building Interpersonal

Communication Skills.” Social and Behavioral Sciences 116, 1405 – 1410.

Pribadi, E.A. & Erdiansyah, R. (2019). “Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap

Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta.” Koneksi 3. 2, 453 – 462.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rifa’I, M. & Fadhli, M. (2013). Manajemen Organisasi. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi. Depok: Rajawali Pers.

Sari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.

Sarwono, S.W. & Meinarno, E.A. (2018). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Solomon, D. & Theiss, J. (2013). Interpersonal Communication: Putting Theory into Practice.

Oxfordshire: Routledge.

Sparrow, T. & Knight, A. (2006). Applied EI The Importance of Attitudes in Developing Emotional

Intelligence. San Francisco: Jossey Bass.

Suhaimi, A.W., Najib, A.M., & Che, S.M. (2014). “The Relationship Between Emotional Intelligence

and Interpersonal Communication Skills in Disaster Management Context: A Proposed Framework.”

Social and Behavioral Sciences 155, 110 – 114.

Tolegenova, A., et.al. (2015). “Management and Understanding Features in Communication

Depending on Level of Emotional Intelligence.” Social and Behavioral Sciences 171, 401 – 405.

Verderber, K.S., & MacGeorge, E.L. (2016). Interact: Interpersonal Communication Concept, Skills,

and Contexts fourteenth edition. Oxford: Oxford University Press.

Watson, E.J. (2016). Emotional Intelligence: A Practical Guide on How to Raise Your EQ and Achieve

Lifelong Social Success. Seattle: Kindle Direct Publishing.

Wood, J.T. (2010). Interpersonal Communication. Boston: Cengage Learning.

Zeigler, V. (2013). Self-Esteem. London: Psychology Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.