Resiliensi Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi

Fitri Budi Suryani, Siti Suharsih, Agung Dwi Nurcahyo, Rusiana Rusiana

Abstract


Penelitian mengenai resiliensi pendidik telah berkembang dengan pesat dalam sepuluh tahunterakhir. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan terhadap guru di tingkat sekolah dasardan menengah dan hanya sedikit terhadap dosen di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui resiliensi dosen Pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi. Metodepenelitian ini adalah kualitatif. Partisipan penelitian merupakan dosen Pendidikan BahasaInggris di Universitas Muria Kudus dan Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa yangberjumlah 14 orang. Data penelitian diperoleh dari kuesioner terhadap partisipan dan dianalisissecara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tantangan yang dihadapai oleh dosenPendidikan Bahasa Inggris dalam melaksanakan Tridharma dan bagaimana merekamengatasinya.

Keywords


resilensi, dosen Pendidikan Bahasa Inggris, perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S & Oldfield, J. (2019). Quantifying teacher resilience: context matters. Teaching

and Teacher Education, 82, 117-128.

Chang, M. (2009). An appraisal perspective of teacher burnout: examining the emotional work

of teachers. Educational Psychology Review, 21, 193e218

Drew, S.V & Sosnoswki, C. (2019). Emerging theory of teacher resilience: a situational

analysis. English Teaching: Practice and Critique. 18 (4), 492-507.

Peixoto, F., Woznitza, M., Pipa, J., Morgan, M., and Cefai, C. (2018). A multidimensional

view on preservice teacher resilience in German, Ireland, Malta, and Portugal. In M.

Wosnitza et al. (eds.), Resilience in Education, 73-89. https://doi.org/10.1007/978-3-319-

-4_5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.