Resiliensi Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian mengenai resiliensi pendidik telah berkembang dengan pesat dalam sepuluh tahunterakhir. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan terhadap guru di tingkat sekolah dasardan menengah dan hanya sedikit terhadap dosen di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui resiliensi dosen Pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi. Metodepenelitian ini adalah kualitatif. Partisipan penelitian merupakan dosen Pendidikan BahasaInggris di Universitas Muria Kudus dan Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa yangberjumlah 14 orang. Data penelitian diperoleh dari kuesioner terhadap partisipan dan dianalisissecara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tantangan yang dihadapai oleh dosenPendidikan Bahasa Inggris dalam melaksanakan Tridharma dan bagaimana merekamengatasinya.
Keywords
resilensi, dosen Pendidikan Bahasa Inggris, perguruan tinggi
Full Text:
PDFReferences
Ainsworth, S & Oldfield, J. (2019). Quantifying teacher resilience: context matters. Teaching
and Teacher Education, 82, 117-128.
Chang, M. (2009). An appraisal perspective of teacher burnout: examining the emotional work
of teachers. Educational Psychology Review, 21, 193e218
Drew, S.V & Sosnoswki, C. (2019). Emerging theory of teacher resilience: a situational
analysis. English Teaching: Practice and Critique. 18 (4), 492-507.
Peixoto, F., Woznitza, M., Pipa, J., Morgan, M., and Cefai, C. (2018). A multidimensional
view on preservice teacher resilience in German, Ireland, Malta, and Portugal. In M.
Wosnitza et al. (eds.), Resilience in Education, 73-89. https://doi.org/10.1007/978-3-319-
-4_5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.