MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA UNTUK ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN) (STUDI KASUS : RA NU BANAT KUDUS)

Noor Latifah, Mutohhar Mutohhar, Hanik Hidayati

Abstract


Multimedia interaktif adalah suatu tampilan multimedia yang dirancang oleh desainer agartampilannya memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki interaktifitas kepadapenggunanya (user). Bahasa merupakan alat komunikasi antara satu orang dengan orag lainnya.Kemampuan berbicara merupakan bentuk kemampuan berbahasa yang paling umum dan efektifdilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain multimedia interaktif pembelajaranbahasa untuk anak usia dini usia 4-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA NU Banat Kudus denganmenggunakan metode penelitian R & D (research and development) dengan model pengembanganADDIE dan pembuatan prototype menggunakan Justinmind. Hasil penelitian berupa desain prototypeaplikasi multimedia interaktif pembelajaran bahasa yaitu meliputi bahasa Inggris dan bahasa Arabuntuk anak usia dini (4-6 tahun). Desain multimedia yang dihasilkan diharapkan layak sebagai mediapembelajaran mengenal bahasa Inggris dan bahasa Arab berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahlimedia serta respon penilaian oleh siswa yang didampingi orang tua atau wali siswa.

Keywords


Multimedia, Anak Usia Dini, Arab, Inggris, Bahasa

Full Text:

PDF

References


Chatib, Munif, Said and Alamsyah, Sekolah Anak-anak Juara, Bandung: Kaifa PT Mizan

Pustaka, 2012.

O. Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: Alumni, 1986.

H. Rasyid, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gama Media, 2012.

A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta:

Kencana, 2014.

S. Hawa, "Identifikasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 tahun di PAUD SeKecamatan Sekarbela Mataram," Mataram, 2014.

B. Otto, Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, Jakarta: PrenadaMedia Group, 2015.

Veronica and Cahyadi, "The Effect of Interactive Engagement Teaching Methode to Student

Understanding of Introductory Physics at the Faculty of Engineering, University of Surabaya,

Indonesia," Surabaya, 2003.

A. S. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya., Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada, 2006.

W. Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran., Jakarta: Kencana Prenada Media,

M. M. "Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar

Siswa," Jurnal Kwangsan, vol. 1, no. 2, p. 98, 2013.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta, 2012.

I. A. Ainina, "Pemanfaatan Media Audio Fisual sebagai Sumber Pembelajaran.," Indonesian

Journal of History education,, vol. 3, no. 1, p. 42, 2014.

H. Djamal, Dasar-dasar Penyiaran, Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi., Jakarta: PT

Fajar Interpratama Mandiri, 2011.

Asyar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada, 2002.

Riri Delvita, "Meningkatkan Kemampuan Bernahasa anak Melalui Permainan Gambar Dalam

Bak Pasir di Taman Kanak-kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang," Jurnal Pesona PAUD,

vol. 1, no. 1, p. 3.

Suciati, "Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahsa Anak Usia Dini," Jurnal Thufulana,

vol. 5, no. 2, p. 369, 2017.

A. P. Janet, F. and D. Miranda, "Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak

Kelommpok A di Taman Kanak-kanak Kristen Immanuel II," Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 5, pp. -, 2016.

S. N. and A. Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.

A. A. Said, K. Jayadi and A. , "Metodologi Perancangan Multimedia Pembelajaran," in

Prosiding Seminar Nasional" Optimalisasi Hasil-hasil Penelitian dalam Menunjang

Pembangunan Berkelanjutan", Makassar, 2015.

Z. Arifin, Penelitian Pendidikan - - Metode dan Paradigma Baru., Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya., 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.