ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI SD NEGERI KADILANGU 1

Sayyidatul Munnah, Yovita Diva Hapsari, Sajidda Andani Rahmawati, Nadzifah Mar’atus Ahadiyah, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Media yang mendukung pada zaman sekarang ini adalah media video. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran video terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa di SD Negeri Kadilangu 1. Jenis penilitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV Sd Negeri Kadilangu 1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dengan cara membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa media video mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Penerapan media video ini membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.


Keywords


Media; Video; Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Ardiansah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 56–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.833

M. I. Muslimin. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Ii Sd. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–71.

Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video... – Ading Muslihudin. Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86.

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671 - 685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Sari, W. N., Rondli, W. S., Nisa, U. K., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. 2(2), 130–134.

Sigiyono, A. (2016). Dampak Keberadaan IT di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Sleman. 32– 41.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing. Orbita, 7(November), 283–290.

Zaky, N., Setiawan, D., & Sriadhi, S. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(5), 7958–7969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3586

Icha Septia Wulandari, 2) M. Salam 3) Ahmad Fauzan. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.