PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SD

Syafira Ashna Putri Nuha, Muhammad Rafi Akbar, Muhammad Imam Zamah Sarin, Rangga Firmansyah, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas media pembelajaran melalui media poster guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Permasalahan yang sering terjadi pada peserta didik yaitu kurangnya minat belajar yang mengakibatkan penurunan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research & development (R&D) dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Metode research and development (R&D) dapat memudahkan untuk mengembangkan produk penelitian dan menguji validitas produk tersebut. Penelitian ini menghasilkan bahwa pembelajaran melalui media poster bisa mempermudah siswa untuk memahami materi sehingga hasil belajar siswa meningkat. Namun, kesalahan dalam pemilihan media juga bisa berdampak negative pada hasil belajar. Pemilihan media juga harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Proses meningkatkan hasil belajar peserta didik melewati beberapa tahap mulai dari kesiapan siswa dalam proses pembelajaran hingga hasil akhir yang didapatkan melalui pembelajaran menggunakan media poster. Media poster menjadi salah satu alat komunikasi dalam penympaian materi.


Keywords


Pembelajaran; Validitas; Media; Poster; Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145

Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan Media Poster Pelestarian Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Tema 6 Subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–14.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Eka Febriani, N., & Yolanita Maureen, I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Geografis Indonesia Tema Ekosistem Pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Datinawong. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa, 12(5), 1–9.

Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani*, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 540–554. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20984

Habib, M., & Rajagukguk, K. P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Poster Terhadap Prilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 4(1), 1–10.

Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., & Na, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. 3, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88

M Makbul. (2021). METODE PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN PENELITIAN. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Definition Stage in the Four-D Model in Research & Development (R&D) Educational Teaching Aids Snakes and Ladders to Improve Science and Mathematics Knowledge of Children aged 5-6 Years. Intersections, 6(1), 23–33.

Nurdyansyah, N., Wahid, Y., Nuzulia, N., & Bahak Udin By Arifin, M. (2020). Development of Learning Media for PENA (Puzzle Nusantara) Material for Cultural Diversity to Improve Learning Outcomes for Class IV Students at MIS Al-Falah Lemahabang Pengembangan Media Pembelajaran Pena (Puzzle Nusantara) Materi Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MIS Al-Falah Lemahabang. Madrosatuna:

Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.

Nurfadhillah, S., Bunga Aulia, P., Octaviana, P., Billah, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Pada Siswa Sdn Cipete 4 Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 256–266.

Nurfadhillah, S., Utari, A. T., Cempaka, B., Kusminarti, S., & Salsabila, P. (2021). Pengembangan Media Poster Pada Mata Pelajaran Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia Siswa Kelas 4 Sd Negeri Pinang 1. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 267–275.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn. 63–82.

Rikmasari, R., & Wati, D. M. (2018). Hubungan Persepsi Penggunaan Media Visual Gambar (Poster) Dengan Cara Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Bekasi. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 30–36.

Sari, W. N., Rondli, W. S., Nisa, U. K., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. 2(2), 130–134.

Susanto, A., & Radiallahuanha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 101. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764


Refbacks

  • There are currently no refbacks.