PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3

Dhelia Anggita Ningrum, Novita Widyanengrum, Fiiki Nur Azizah, Septiani Nur Arifin, Rani Setiawati, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif untuk materi lambang negara garuda pancasila kelas III; (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran powerpoint interaktif pada pemahaman konsep materi lambang negara garuda pancasila kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research an Development (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg&Gall, tahapan yang dilalui yakni analisis masalah,pengumpulan data,desain produk,validasi desain,revisi desain dan uji coba produk terbatas. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa media Powepoint Interaktif yang kami desain powerpoint interaktif untuk pemahaman materi lambang negara garuda pancasila memperoleh hasil nilai uji validasi dikategorikan sangat layak. Adapun hasil rata-rata pretest 77 dan rata-rata postest 79 sehingga kenaikan hasil belajar 96%. Dengan demikian powerpoint interaktif sangat layak digunakan sebagai penerapan konsep lambang megara garuda pancasila kelas III SD 2 Bategede dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pembelajar PKN serta dibuktikan dengan hasil signifikansi uji T sebesar 0,007<0,05 yang berarti Ha diterima.


Keywords


pembelajaran interaktif; PPKn; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arief. (2013). mengembangkan media pembelajaran pada pembelajaran tematik . inovasi penelitian , 4. Anggara. (2019). penggunaan media pembelajaran powerpoint untuk meningkatkan kognitif siswa SD. Jurnal Pendidikan , 8.

Aniq. (2013). Alat Peraga Matematika. Jurnal Tarbawiyah 11(1), 1-15, 7. Arief. (2013). globalisasi pendidikan . edukasi kompasiana , 3.

Arikunto. (2006). Pengembangan Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran pkn untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.

Arikunto, S. (2006). Pengembangan Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran pkn untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 158-160.

Bahrun, A. (2018). Pengembangan Media Ular Tangga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5.

Darnoto, H. &. (2021). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif PKN siswa kelas 6 SD. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , (5),65-78

Daryanto. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran multimedia untuk siswa kelas V sekolah dasar. Bandung: CV Yrama Widya.(4),55-60

Dewantara, K. H. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladana, Sikap Merdeka bagian I pendidikan. universitas sarjanawiyata tamansiswa: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST-Press) bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dwiqi . (2020). pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PKN untuk siswa SD kelas 5. jurnal edutech undiksha , 8.

Fuad. (2019). pengembangan media pembelajaran menggunakan media powerpoint pada siswa SD. jurnal al qidiri, 5.132-144

Fuad. (2019). pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint untuk siswa SD. jurnal Al Qidiri, 5.150-162

Gall, B. a. (1983). Eucation research : an introduction . New York : Longman Inc .

Hamalik. (2002).Analisis kesulitan pembelajaran pkn siswa sekolah dasar. Bandung : Sinar Baru Algesindo .6,112-128

Hamarik. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular tangga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 6.142-155

Hasbullah. (2015). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 16, 2. Khusniati. (2019). media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan , 20.143-150

Kristanto. (2019). media pembelajaran power point interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa jurnal pendidikan , 3.116-134

Mukholifah. (2020). pengembangan media pembelajaran dengan pembelajaran tematik. inovasi pendidikan .4,175-183

Nugrahani, S. &. (2013). pengembangan media [embelajaran powerpoint pada mata pelajaran PKN untuk siswa SD. Jurnal Setya Widya, 14.134-152

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671 - 685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran belajaran siswa . jurnal indiksa , 10.162-171

Priyanka, M. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1-15.Departemen Sosial Republik Indonesia, 2004, 2.121-145

Putri&Ramli. (2016). Pengembangan Media Ular Tangga. Jurnal BK UNESA, 4(3), 7. 1-16

Rafiudin, M. &. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar siswa. komunikasi pendidikan, 1.5-12

Setyawan, R. d. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun ruang kelas V. jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 3.67-82

Siswoyo, J. (2019). pengembangan alat permainan edukatif ular tangga matematika pokok luas bagun datar untuk siswa kelas V. pengembangan alat permainan, 3.12-50

Wann Nurdiana Sari, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, & Isyti Nihayati. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02 . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1348


Refbacks

  • There are currently no refbacks.