ANALISA MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO DALAM PEMBELAJARAN PPKn

Alfin Noor Aini, Lintang Kusuma Wardani, Muhammad Faizul Ikhsan, Muhammad Sya’ban Zakiya

Abstract


Media yang mendukung pembelajaran salah satunya yaitu media domino. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan media domino pada pembelajaran PPKn di SD Negeri 06 Cendono. Jenis penelitian ini yaitu naratif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 06 Cendono. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa adanya penerapan media domino dalam mata pelajaran PPKn di kelas IV SD Negeri 06 Cendono dapat menumbuhkan karakter siswa. Penerapan media domino pada materi PPKn memperoleh respon positif dari siswa kelas IV SD Negeri 06 Cendono, meskipun terdapat kendala yang dihadapi guru.


Keywords


Media Pembelajaran; Domino; PPKN; Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Tsabit Azinar, ‘Kendala Guru Dalam Internalisasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah’, Khazanah Pendidikan, 7.1 (2015), 1–15

Aminatu Zahro, Ulhaq Zuhdi, and Kasiani, ‘Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Media Domino Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, vol 1 No 3, Mei 2023

Faizal & Mahardika. 2017. Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2): 30-45.

Herawati, Eti, ‘BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO MATEMATIKA’, 1.1 (2017), 66–87

Hidayah, Nurul, ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2 (2015), 190–204

Khoirinnida, Y., Rohmah, I. N., Shokib, W., Sd, R., Ringinkidul, N., Grobogan, G., Baturagung, N., & Kudus, U. M. (2022). Implementasi Penguatan Karakter Mandiri Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V SD Negeri 3 Baturagung. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 26–31. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V7I1.51312

Khoirinnida, Y., & Rondli, W. S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik di Era Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3). https://doi.org/10.30651/DIDAKTIS.V21I3.8696

Maunah, Binti, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa’, Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 2016, 90–101

Mufatikhah, Nurul, and Wawan Shokib Rondli, ‘Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD’, 9.2 (2023), 465–71

Nur Aisah, Riska, Siti Masfuah, and Wawan Shokib Rondli, ‘ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8.1 (2022), 671–85

Pajarudin. 2019.Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Permainan Kartu Domino Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP. Jurnal Sekolah Menengah Pertama.

Pancasila, Nilai-nilai, Kelas Vi, and Sekolah Dasar, ‘The Effect of Think Pair Share (TPS) Learning Model on Understanding Pancasila Values in Grade VI Elementary School’, 2022

Rahman, Muhammad Taufiqur, ‘Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Simbol Dan Makna Pancasila Pada Tema Cita-Citaku Di Kelas IV SDN Babatan Babatan Surabaya’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06.05 (2019), 3413–67

RAMLAH, RAMLAH, ‘Penerapan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Ips Di Sdn Jango Tahun Pelajaran 2020/2021’, JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7.1 (2022), 136–46

Rondli, W. S., & Khoirinnida, Y. (2017). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Ecoliteracy: Upaya Rekonstruksi Kewarganegaraan Ekologis. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Geraan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 114–122.

Sari, Wann Nurdiana, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, and Isyti Nihayati, ‘Analisis Penerapan Media Video Dalam Pembelajaran PPKn Di SD Negeri Pulorejo 02’, 2.2 (2023), 130–34

Suwito, Anton, ‘Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Melalui Rpp’, Jurnal Ilmiah CIVIS, II.2 (2012), 1–21

Murniyetti, Murniyetti, Engkizar Engkizar, and Fuady Anwar, ‘Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Karakter, 6.2 (2016), 156–66


Refbacks

  • There are currently no refbacks.