PENGENALAN NILAI-NILAI MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA AJAR INOVATIF: POP UP BOOK

Putri Imatriyani Sholekhah, Siti Noor Arofah, Risa Andriyani, Muhammad Erfan Syah, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Artikel ini membahas tentang penggunaan media ajar inovatif berupa buku pop up dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di tingkat Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan dan keberagaman yang diajarkan dalam mata pelajaran PPKN. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama beberapa siklus. Peserta penelitian terdiri dari siswa kelas 4 SD di salah satu sekolah dasar. Media ajar yang digunakan adalah buku pop up yang dirancang khusus untuk pembelajaran PPKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku pop up dalam pembelajaran PPKN di SD memberikan dampak yang positif. Minat belajar siswa meningkat karena mereka tertarik dengan tampilan yang interaktif dan menarik dari buku pop up. Selain itu, pemahaman siswa terhadap nilai- nilai kebangsaan dan keberagaman juga meningkat, karena buku pop up memvisualisasikan konsep-konsep tersebut secara nyata dan mudah dipahami oleh siswa.

Keywords


Pembelajaran PPKN; media ajar inovatif; buku pop up

Full Text:

PDF

References


Ilmiah and Pendidikan 2022; Nur Aisah, Masfuah, and Shokib Rondli 2022; Nurdiana Sari et al. 2023; Putri, Nurasiah, and Sutisnawati 2022;

Rifayanti n.d.; Rojannah 2022; Rondli and Mutofifin 2022; Salsabila and Ninawati 2022; Shokib Rondli 2022; Sukmawarti 2021)Ilmiah, Jurnal, and Wahana Pendidikan. 2022. “1 , 2 , 3 1.” 8(September): 288–97.

Nur Aisah, Riska, Siti Masfuah, and Wawan Shokib Rondli. 2022. “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD.”

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(1): 671–85.

Nurdiana Sari, Wann, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, and Isyti Nihayati. 2023. “Analisis Penerapan Media Video Dalam Pembelajaran PPKn Di SD Negeri Pulorejo 02.” Jurnal Cendekia Ilmiah 2(2): 130–34.

Putri, Indah Putri, Iis Nurasiah, and Astri Sutisnawati. 2022. “Media Pop-Up Book Berbasis Wayang Sukuraga: Dimensi Aneka Global Dalam Kurikulum Prototipe Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3): 543–51.

Rifayanti, Zuni Eka Tiyas. “Pengaruh Media Pop Up Bookterhadap Hasil Belajar Materi.” Proceeding the 5th Annual International Conference on Islamic Education 2021: 83–89.

Rojannah, Lulu’ Isma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Muatan Pkn Kelas Iii Sdn 02 Kertomulyo.”

Rondli, Wawan Shokib, and Muhammad Mutofifin. 2022. “The Effect of Think Pair Share (TPS) Learning Model on Understanding Pancasila Values in Grade VI Elementary School.” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 5(2): 45–52.

Salsabila, Izzah, and Mimin Ninawati. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy 9(4): 684.

Shokib Rondli, Wawan. 2022. “Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day Info Artikel Abstract Sejarah Artikel.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 5(1): 111. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP.

Sukmawarti, Erica,. 2021. “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Ability: Journal of Education and Social Analysis 2(4): 110–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.