PENGEMBANGAN MEDIA PATUNGKA (PAPAN HITUNG ANGKA) UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATEMATIKA KELAS 1 SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan media pembelajaran patungka dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 di SDN Karanganyar Demak. 2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran patungka dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SDN Karanganyar Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SD Karanganyar Demak yang berjumlah 25 siswa dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan guru kelas untuk menguji keefektifan dan kelayakan media pembelajaran PATUNGKA (Papan Hitung Angka). Hasil penelitian ini dengan menggunakan media PATUNGKA (Papan Hitung Angka) menunjukkan persentase kelayakan (1) penilaian dari respon guru SDN Karanganyar 1 Demak mencapai 93% dengan kategori sangat layak, (2)penilaian dari respon siswa kelas 1 SD mencapai 56,8% dengan kategori sangat layak, (3)Terdapat perbedaan antara hasil belajar dengan rata-rata setiap siswa meningkat dari sebelum menggunakan media sebesar 32,6% dan setelah menggunakan media 89% dengan menggunakan skala nilai 100, yang berarti ada peningkatan sebesar 173%. Media PATUNGKA (Papan Hitung Angka) sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran penjumlahan di bawah bilangan 20 untuk kelas 1 SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(Rahmawati 2020)Maria, Jou melani, and Mulyani. 2021. “Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Gemar Berolahraga Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 09: 3164.
Midya Yuli Amreta, and Ani Safa‟ah. 2021. “Pengaruh Media PAPINKA Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JUMIA) 1 (1): 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192.
Rahmawati, A. Y. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar Dan Ular Tangga Pintar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, IAIN.
(Midya Yuli Amreta and Ani Safa‟ah 2021) Maria, Jou melani, and Mulyani. 2021. “Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Gemar Berolahraga Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 09: 3164.
Midya Yuli Amreta, and Ani Safa‟ah. 2021. “Pengaruh Media PAPINKA Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JUMIA) 1 (1): 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192.
(Dwi Rahayu & Nursida, 2017)Dwi Rahayu, G., & Nursida. (2017). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 138.
(Nafisah, 2023)Nafisah, S. (2023) „Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat‟, 1(3), pp. 208–216.
Aniqoh, A. N., Khan, R. I., & Iswanti Ningtyas, V. (2022). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Papan Pintar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 826–832.
(Damanik et al., 2023)Damanik, R. K., Simamora, M., Pardede, J. A., & Nainggolan, P. U. (2023). PENGARUH PERMAINAN PAPAN PINTAR TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS 1-3 THE EFFECT OF SMART BOARD GAMES ON THE COGNITIVE DEVELOPMENT LEVEL OF CHILDREN IN GRADES 1-3PENDAHULUAN Pada tahapan perkembangan kepribadian anak yang mulai terbentuk . 11(1), 181–190.
Kuwatno, K., Norhaslina, N., & Khasanah, B. A. (2022). Pengembangan Media Papan Permainan Matematika (Paper Math). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(1), 93–
https://doi.org/10.23960/mtk/v10i1.pp93-105
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling, Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di RaAr. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessy Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
Hartati, Y., Ilhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). Proses Penggunaan Media Pembelajaran Montessori Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 67–71. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103
(Amreta et al., 2023)Amreta, M. Y., Luk, A., Markhamah, L., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Nahdlatul, U., & Sunan, U. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA MATA. 10, 199–209.
(Mathematics 2016)Mathematics, Applied. 2016. “UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN PADA MATERI PENJUMLAHAN KELAS III,” 1–23.
Wann Nurdiana Sari, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, & Isyti Nihayati. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02 . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1348
Refbacks
- There are currently no refbacks.