ANALISIS MEDIA APLIKASI MARBEL ( MARI BELAJAR BUNTARA) ANALISIS MEDIA APLIKASI MARBEL ( MARI BELAJAR BUNTARA) PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SD

Agti Fiana Qoirul Ananta, Fenita Khairani, Shinta Meyza Putri, Nela Fatikah Sari, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penggunaan game edukasi marbel budaya Nusantara dalam pembelajaran PPKn yang mencakup nilai nilai Pancasila. Dikarenakan banyak siswa yang kecanduan game online sedari dini yang membuat anak lupa belajar dan bisa mengubah karakter anak maka dari guru atau orang tua bisa memberikan game yang beredukasi tentang pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengamatan secara langsung Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi dan mengumpulkan referensi. Hasil penelitian ini menjabarkan game edukasi yang dapat diakses oleh anak dengan materi budaya Nusantara, penanaman sikap saling menghargai, pengenalan ragam budaya seperti rumah adat, alat musik daerah, pakaian adat, tarian daerah, senjata daerah, dan makanan daerah melalui game edukasi.


Keywords


PPkn; game edukasi; budaya daerah; karakteristik; nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, M., & Masrul. (2022). Pengaruh Media Game Edukasi Sebagai Inovasi Siswa Kelas V Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 68–77.

Febrianti, A. W., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media EdPuzzle dan Game Marbel Indonesian Culture dalam Pembelajaran PKn di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah …, 6(2), 171–176. http://www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/1470%0Ahttps:

//www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/viewFile/1470/726

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group

(Issue Mei).

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Palupi Putri, D. (2018). Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 2580–362. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog Budaya, D., Pembelajaran, M.,Ananda, T., Fitria, N., Iriansyah, H. S., & Suhel, A. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Suku Bangsa. 818–823.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Fatma, Mm., Piliati, I., Budiarti, Putra, I., Wahyuni, M., & Masrul. (2022). Pengaruh Media Game Edukasi Sebagai Inovasi Siswa Kelas V Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 68–77.

Febrianti, A. W., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media EdPuzzle dan Game Marbel Indonesian Culture dalam Pembelajaran PKn di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah …, 6(2), 171–176. http://www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/1470%0Ahttps:

//www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/viewFile/1470/726

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Mufatikhah, N., & Rondli, W. S. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Palupi Putri, D. (2018). Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 2580–362. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan

0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835


Refbacks

  • There are currently no refbacks.