NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN MORAL CERITA RAKYAT DARI SUMATERA

Devina Norlita, Putri Wanda Nageta, Siska Ayu Faradhila, Indra Wikarna, Shaunekha Faradilla, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai-nilai personal (2) nilai Pendidikan etika yang terkandung dalam cerita Rakyat “Buku Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih” dari Sumatra karya Aryasatya Ikranegara. Cerita ini memiliki banyak pesan moral yang penting bagi pembaca khususnya anak-anak, terutama dalam hal karakter tokoh dan alur cerita tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber dalam data penelitian ini adalah cerita Rakyat Sumatra yang berjudul “Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih” karya Aryasatya Ikranegara sedangkan data penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan paragraf yang mencerminkan nilai personal dan Pendidikan dalam cerita tersebut. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi Pustaka dengan mengumpulkan referensi yang relevan dan naskah cerita Rakyat “Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih” menjelaskan adanya nilai personal dan Pendidikan dalam cerita Rakyat tersebut . Hasil penelitian ini ditemukan Pertama, nilai personal dalam cerita Rakyat “Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih” tersebut meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, pertumbuhan rasa sosial, pertumbuhan etis dan religious. Kedua,nilai Pendidikan etika dalam cerita fabel tersebut meliputi peduli sosial, keadilan, tanggung jawab, dan kerjasama.


Keywords


cerita rakyat; kontribusi sastra; nilai personal; nilai sosial

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadi Hari. (n.d.). PERAN NILAI-NILAI PERSONAL (PERSONAL VALUES) TERHADAP SIKAP KONSUMEN.

Ariawan. I.G.B.A. (2014). Perbandingan dongeng momotaro (jepang) dan Timun Emas (Vol. 8). Indonesia: Jurnal Humanis.

Gheanu Kirani Bonyak Tutul. (n.d.). KAJIAN SASTRA ANAK : ANALISIS NILAI PERSONAL CERITA RAKYAT TIMUN EMAS. JAKARTA : FAKULTAS BAHASA DAN SENI.

Khoirinnida, Y., & Rondli, W. S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik di Era Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3). https://doi.org/10.30651/DIDAKTIS.V21I3.8696

Kusuma, N.A . (2019). Analisis Nilai Personal dalam Kumpulan cerita Rakyat didaerah Jawa Timur (kajian sastra Anak). Kediri: Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Luthfiyanti, L., , F. (2017). Peran sastra dalam pengembangan kepribadian anak (Vol. 2). Stilitika: Jurnal Bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Marlina. (2017). Relevansi Nilai pendidikan Karakter Cerita anak Nusantara dengan Materi pembelajaran sastra disekolah dasar (Vol. 7). Jurnal Ceudah.

Simatupang, Y.J.R.,, H. R. (2021). Kontribusi Sastra Anak bagi Perkembangan Nilai Personal Anak dalam Buku Cerrita Anak Indonesia (Vol. 7). Jurnal Master Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.