PENGEMBANGAN WEBSITE EDUCANDY SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA PEMBELAJARAN IPAS PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT UNTUK SISWA KELAS IV

Zulfa Khusnul Aqna, Amelia Dea Puspita Az’zahra, Intan Tiara, Siti Muflikah, Rani Setiawaty, Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan alat evaluasi berupa website educandy sebagai alat evaluasi siswa; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan alat evaluasi pembelajaran berupa website education pada materi zat dan perubahannya untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall pada proses pengujian produk dengan eksperimen atau penelitian terapan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Ploso Kabupaten Kudus berjumlah 18 orang peserta didik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk.  Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan alat evaluasi berupa website educandy dalam proses pembelajaran; 2) kelayakan alat evaluasi dalam bentuk website yang telah dikembangkan adalah sangat layak. Dengan persentase 82% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli desain dengan persentase 80,4% dengan kriteria layak 3) dengan persentase adalah 85,6%, penilaian guru dengan kriteria adalah layak4) hasil respon peserta didik dengan persentase 90% dengan kriteria layak. Kemudian dilakukan penerapan media dengan hasil pretest- posttest 78 dan 85. Hasil postest – pretest menunjukkan adanya kenaikan sebesar 8,2% dan dibuktikan dengan uji t-paired sampe t-test sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar yang disignifikan.

Keywords


Educandy; Alat evaluasi; IPAS

Full Text:

PDF

References


Mudlaafar,K.,Setiawan,E.,Kirom,I.,&Muflih,A.(2019).PengembanganMediaPembelajaranKomikSejarahBerwaktu(KomikRatu)SebagaiAlatAlternatifPembelajaran Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar (Kajian Materi: Tema 7, Sub Tema 2,PeristiwaKebangsaanSeputarProklamasiKemerdekaan). JurnalInventaVolIII.

Nuri Rahmawati, D., Fitrotun Nisa, A., & Astuti, D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi QuizizzsebagaiMediaPenilaianPembelajaranIlmuPengetahuan Alam.2(1), 2962–746.

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring padaBelajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu,5(4),1985–1997.

Sugiyono. (2016).MetodePenelitian&Pengembangan(ResearchandDevelopment.Bandung:Alfabeta.Vitianingsih,A.V.2016.GameEdukasiSebagaiMediaPembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM. 1 (1): 1-8.

SaadatinN.,&WendriW.(2023).PengembanganAlatEvaluasiBerbasisDigitalDenganAplikasiEducandy Untuk SiswaKelasIVSekolah Dasar(SD). (7). 1196-1203

HisbullahdanNurhayati.2018.Pembelajaran IlmuPengetahuan Alam SekolahDasar. Makassar:Penerbit Aksara Timur

Khoirinnida, Y., & Rondli, W. S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik di Era Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3). https://doi.org/10.30651/DIDAKTIS.V21I3.8696

Arikunto,Suharsimi.2016.Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan.Jakarta:BumiAksara.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta:PustekkomDikbud dan PT RajaGrafindo Persada

Naimah, Siti Maimudah. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis RealisticMathematics Education (RME) Materi Kecepatan dan Debit untu Siswa Kelas V SekolahDasar.Tuban: Universitas PGRIRonggolaweTuban.

Yuliantina, Ivone. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut dalam MateriPasangSurut Air LautpadaKelas 6 SD.University of Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.