KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA KARENA ANGGREK IBU KARYA DEBBY LUKITO GOEYARDI & WIDYASARI HANAYA

Dyah Yulinar Cahyaningrum, Latif Fatul Tamara, Alfi Muzaroatul Ilmi, Dita Widyastuti, Rizal Aulia Rachmat, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sinopsis dan jenis genre sastra (2) kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dan (3) nilai pendidikan karakter dalam buku cerita Karena Anggrek Ibu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan naratif karena mengidentifikasikan, menggambarkan dan menjabarkan nilai- nilai personal dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam sebuah buku cerita dari buku “Karena Anggrek Ibu” karya Debby Lukito dan Widyasari Hanaya. Data penelitian ini adalah wacana yang meliputi paragraf-paragraf dan kalimat-kalimat dalam bentuk pernyataan atau percakapan dalam bentuk dialog pada buku cerita Karena Anggrek Ibu. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan naratif deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, Pertama, Buku cerita berjudul Karena Anggrek Ibu dikarang oleh Debby Lukito dan Widyasari Hanaya ini merupakan genre sastra anak berjenis cerita realisme. Buku cerita ini memuat nilai personal dan nilai pendidikan bagi anak. Kedua, nilai personal pada buku cerita Karena Anggrek Ibu meliputi nilai perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, perkembangan rasa sosial dan pertumbuhan rasa etis dan religius. Ketiga, nilai pendidikan pada buku cerita Karena Anggrek Ibu, meliputi peduli social, religius, rasa tanggung jawab, jujur, rasa ingin tahu dan kreatif.


Keywords


Anak; Kontribusi; Personal; Pendidikan; Karakter

Full Text:

PDF

References


Alfanani, Rozali Jauhari. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Anak ‘Laptop Si Calon Penulis’ Sebagai Referensi Menghadapi Persaingan Di Era Digital.” GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan 4(1) :59–68. doi: 10.47269/gb.v4i1.48.

Budiman, Muhammad Arief, and Ikha Listyarini. (2022). “Nilai Karakter Tanggung Jawab Dalam Buku Cerita Anak Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto.” Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review) 9(1) :1–11. doi: 10.53873/culture.v9i1.286.

Dewi, Tiara Kusuma, and Made Gede Wirakusuma. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spritual Pada Perilaku Etis Dengan Pengalaman Sebagai Variabel Pemoderas.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 7.9:2089–2116.

Fuadia, Nazia. (2022). “Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini.” Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta 3(1):31–47. doi: 10.53800/wawasan.v3i1.131.

Irodati, Fibriyan. (2022). “Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 1(1) :45–55.

Nadi, Ni Komang Ayu Suri, Pande Agus Adiwijaya, Md Andhi Supriatna Arna, and I. Nengah Sueca. (2022). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Program ‘Ratu Dongeng’ Di Desa Pempatan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(6):7701–7. doi: 10.31004/edukatif.v4i6.3673.

Ngura, Elisabeth Tantiana, Blandina Go, and Josep Marsianus Rewo. (2020). “Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 7(2):118–24. doi: 10.38048/jipcb.v7i2.94.

Oktavia, Bintari, H. Chairil Effendy, and H. Martono. (2016). “Nilai Sastra Anak Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter.” Jurnal Khatulistiwa 1–23.

Prasetyo, Herru, Mastiah Mastiah, and Mardiana Mardiana. (2022). “Analisis Nilai Moral Dalam ‘Kumpulan Cerita Rakyat Suku Dayak Randuk’ Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 10(1):64–74. doi: 10.46368/jpd.v10i1.674.

Saeful, Achmad. (2021). “Implementasi Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan.” Tarbawi

(2):124–42.

Safitri, Vivian Nur, and Candra Rahma Wijaya Putra. (2021). “Nilai Religius Dalam Novel ‘Titip Rindu Ke Tanah Suci’ Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 10(1):25. doi: 10.35194/alinea.v10i1.964.

Sartika, Tia, Een Nurhasanah, and Ferina Meliasanti. (2022). “Nilai Karakter Mandiri Tokoh Dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi: Sebuah Pendekatan Pragmatik Sastra.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(1):209–18. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1844.

Simatupang, Yusrawati JR. (2019). “Analisis Perkembangan Personal Intelektual Dalam Buku Cerita Anak Sang Piatu Menjadi Raja Karya Halimi Hadibrata.” Jurnal Metamorfosa 7:284–93.

Simatupang, Yusrawati JR, Mohd. Harun, and Ramli. (2021). “Kontribusi Sastra Anak Bagi Perkembangan Nilai Personal Anak Dalam Buku Cerita Anak Indonesia.” Jurnal Master Bahasa 9(2):546–52.

Supriyono, Sugeng, Nugraheni Eko Wardani, and Kundharu Saddhono. (2018). “Nilai Karakter Tanggung Jawab Dalam Sajak-Sajak Subagio Sastrowardoyo.” RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 11(2):183. doi: 10.26858/retorika.v11i2.6370.

Surya, Prastio, and Muhammad Husnur Rofiq. (2021). “Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):31–37. doi: 10.31538/munaddhomah.v2i1.65.

Wakhyudi, Yukhsan, and Ditia Yuliana Anggraeni. (2019). “Kontribusi Sastra Dalam Pendidikan.” Dialektika FKIP 3(2):298–307.

Wardani, Ana, Imam Mawardi, and Nasitotul Jannah. (2015). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Serdadu Pantai Karya Laode Insan Dan Relevansinya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Tarbiyatuna 6(1):31–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.