PERAN NILAI PERSONAL DAN PENDIDIKAN CERITA REALIS NABI DAUD A.S KARYA UMMU ABDILLAH AL-BUTHONIYAH

Yovita Diva Hapsari, Dhea Rizqkhita Hijrilliawanni, Shinta Meyza Putri, Haninda Putri Khoirina, Melina Rahayu Nengsih, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas mengenai nilai- nilai personal dan pendidikan yang terdapat dalam isi buku cerita realis sastra anak "Nabi Daud A.S" karya Ummu Abdillah al-Buthoniyah. Dalam cerita ini memiliki berbagai pesan moral yang baik untuk pendidikan anak, terutama dalam menunjang karakter anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari cerita realis Nabi Daud A.S karya Ummu Abdillah al-Buthoniyah, yaitu berdasarkan kata-kata, kalimat dan paragraf yang mencerminkan nilai personal dan pendidikan dalam cerita tersebut. Pada teknik pengumpulan data penelitian ini melalui studi pustaka dengan menggunakan referensi yang relevan dengan cerita nabi daud. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian dijabarkan secara naratif dengan menjelaskan adanya nilai personal dan pendidikan dalam cerita tersebut. Hasil penelitan yang ditemukan bahwa, nilai personal dalam cerita meliputi kepemimpinan yang adil dan bijaksana, ketaatan kepada Allah, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan. Selain itu, buku ini juga mengandung nilai-nilai pendidikan seperti kesalehan beragama, kepemimpinan, dan keadilan. Artikel ini menyimpulkan bahwa buku ini sebuah kisah biografi dari tokoh Nabi Daud AS. Dari kisah biografi ini dapat memberikan nilai karakter, kepemimpinan, bertanggung jawab, adil, dan nilai positif lainnya.

 


Keywords


Sastra anak; Cerita Realis; Nilai Personal; Nilai Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Saputra, A.W. (2018). Analisis Struktural Untuk Menemukan Nilai Moral Dalam Sastra Anak. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS.

Husaini, (2019) NABI DAUD ALAIHIS SALAM SEBAGAI SOSOK HAKIM YANG BIJAKSANA.

Rosid, Abdul. © FIP Universitas Trunojoyo Madura 7 NILAI-NILAI DALAM SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER.

Santoso, J. N., & Abror, I. (2019). Membaca kisah Nabi Daud menggunakan semiotika Roland Barthes. Refleksi: Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam, 19(2), 129-146.

Ahmad, N. M. (2020). Keadilan sosial: Studi kisah Nabi Daud dalam tafsir Ibnu Kathir. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9(1), 1-14.

Simatupang, Yusrawati JR, Mohd. Harun, and Ramli. 2021. “Kontribusi Sastra Anak Bagi Perkembangan Nilai Personal Anak Dalam Buku Cerita Anak Indonesia.” Jurnal Master Bahasa 9(2): 546–52. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB.

Handrianto, Wawan. 2018. Nilai-nilai Keteladanan Kisah Nabi Daud a.s dalam Kitab Qasasul Anbiya' Karya Ibnu Kathir dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak MTs Kelas VIII Semester Ganjil. Skripsi, Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Erwin Yudi Prahara, M. Ag.

Kuswanty, Maya. 2022. Kajian Metode Menyimak Rangsang Imajinatif Berbasis Karakter dan Pembelajaran Sastra Anak. VOL.03. No.02. Hal 135- 147 September 2022

Ningsi, dkk. 2011. Nilai -nilai Pendidikan dalam Cerita Anak Terbitan Harian Snggalang Edisi Minggu Periode 2011.

Rinaaldi, Imam. 2018. Nilai-nilai pendidikan dalam Al Quran (Kajian Kisah Nabi Daud AS). Skripsi. Pascasarjana Universitas Islam Nehri Sumatera Utara. Medan

Trimansyah, Bambang. 2020. Panduan Penulisan Buku Cerita Anak.Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tusida, Annisa. 2021. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Sirah para Nabi dan Rasul Karya Asy-Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-sa'di. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Umami, Rizka Hidayatul. 2019. “Bias Gender Dalam Sastra Anak: Studi Pada Buku Kecil-Kecil Punya Karya.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2(1).

Wakhyudi, Yukhsan & Setyorini, Ririn. 2021. Cerita Sebagai Media Penyampaian Pendidikan Karakter Islami. Dialektika Jurnal Pendidikan. Vol. 5 No. 2 – Oktober 2021 Halaman 68 - 77


Refbacks

  • There are currently no refbacks.